Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara, mulai melakukan rapat pleno terbuka untuk rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilihan umum (pemilu) 2024.

Ketua KPU Kota Padangsidimpuan Tagor Dumora Lubis di Padangsidimpuan, Kamis, mengatakan, pihaknya memastikan proses pemilu 2024 di Kota Padangsidimpuan berlangsung secara terbuka dan transparan.

Dalam pemungutan dan penghitungan suara disaksikan oleh saksi partai politik, pengawas TPS, dan setelah pemungutan dan penghitungan suara di tingkat TPS, lalu dilakukan rekapitulasi berjenjang di tingkat kecamatan.

"Di tingkat kecamatan, pelaksanaan rekapitulasi ini disaksikan oleh saksi peserta pemilu dan panitia pengawas kecamatan. Artinya segala sesuatu yang berkaitan dengan hasil disaksikan oleh saksi peserta pemilu dan kawan-kawan Bawaslu di Kota Padangsidimpuan. Ini menunjukkan pelaksanaan penghitungan rekapitulasi dilakukan secara terbuka dan transparan," katanya.

Sementara itu Penjabat. Wali Kota Padangsidimpuan Dalimunthe berharap agar semua pihak berkomitmen untuk menjaga solidaritas dan kebersamaan di Kota Padangsidimpuan sesuai jargon Salumpat Saindege".

"Mari kita hargai hasil perolehan suara tersebut agar Kota Padangsidimpuan menjadi barometer dan contoh bagi kabupaten atau kota yang lain," katanya.
 

Pewarta: Juraidi

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024