Penjabat Gubernur Sumatera Utara Hassanudin mengatakan pihaknya bersama Pemerintah Provinsi Aceh saling mendukung dalam mempersiapkan seluruh tahapan perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024.

"Koordinasi kita selalu baik, kita terus saling memberikan informasi, kita saling mendukung,"ujar Hassanudin usai Fun Run Road to PON XXI Aceh-Sumut 2024, di Medan, Minggu.

Menurutnya, memberikan informasi dan saling mendukung merupakan hal yang harus dilakukan antarkedua pihak karena PON 2024 diselenggarakan di dua provinsi untuk pertama kalinya.

"Hal itu bagus dilakukan karena pelaksanaan PON tahun ini dilaksanakan di dua provinsi yang berdekatan," katanya.

Saat ini, kata dia, Sumatera Utara dan Aceh terus melakukan persiapan dengan matang untuk menghadapi PON yang dijadwalkan pada September 2024 itu.

"Sama, Aceh juga tengah menyiapkan seluruh tahapan PON 2024. Persiapan terus digalakkan," sebutnya.

Hassanudin optimistis perhelatan multi olahraga terbesar di Indonesia ini dapat diselenggarakan dengan baik oleh kedua provinsi tersebut.

"Sumatera Utara sangat siap menyukseskan PON 2024, begitu juga dengan Aceh," ujarnya.

Sebelumnya, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meminta Pemerintah Provinsi Aceh dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara saling berkoordinasi untuk menyukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024.

Pelaksana Harian Direktur Jenderal (Plh. Dirjen) Bina Keuangan Daerah Kemendagri Horas Maurits Panjaitan mengatakan kedua pemerintah daerah tersebut memiliki peran strategis dalam penyelenggaraan PON XXI 2024.

"Persiapan PON XXI yang diselenggarakan di Aceh dan Sumut itu harus berjalan optimal. Salah satu strategi yang harus dilakukan adalah membangun penyamaan persepsi dan koordinasi antarlembaga, khususnya terkait efisiensi masalah teknis menjelang PON XXI 2024," ujarnya

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024