Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan, Sumatera Utara Hasan Matsum mengajak seluruh pihak untuk tetap menjaga kerukunan selama menunggu hasil real count Pemilu 2024 dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI

"Saya mengajak masyarakat untuk hormati, dan tunggu proses penghitungan berjenjang secara resmi akan dilakukan oleh penyelenggara pemilu yang sampai saat ini masih bekerja," ujar Hasan Matsum, di Medan, Jumat.

Ia menjelaskan para penyelenggara pemilu dari pascapemungutan suara masih melakukan penghitungan suara mulai dari tingkat tempat pemungutan suara (TPS) kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi hingga pusat.

"Selama proses penghitungan berlangsung, masyarakat harus bersama-sama menjaga kondusifitas yang selama ini sudah terbangun sejak lama," kata dia.

Menurutnya, Pemilu 2024 yang baru dilaksanakan di seluruh Indonesia termasuk di Sumatera Utara berjalan dengan lancar harus disyukuri seluruh elemen masyarakat

Karena, dikatakan dia, mulai awal tahapan kampanye hingga pascapemungutan suara suasana antar kehidupan bermasyarakat berjalan dengan kondusif dan tentram.

Kendati demikian, masyarakat harus lebih arif dalam menyikapi jika nanti seluruh keputusan pemilu sudah ditetapkan resmi oleh KPU RI.

"Kita enggak ada mendengar terjadinya kekisruhan yang terjadi yang menyebabkan 'chaos'. Alhamulillah tidak ada kekacauan, kita harus syukuri itu. Namun, harus kita jaga bersama kerukunan tersebut ," sebutnya.

Rekapitulasi suara itu menjadi satu-satunya sumber penghitungan dijadikan ketetapan oleh KPU RI terhadap presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota.

Sesuai Pasal 413 Undang-undang No.7/2017 tentang Pemilu dijelaskan bahwa penetapan hasil pemilu akan diumumkan paling lambat 35 hari setelah pencoblosan.

Peraturan KPU No.3/2022 menyatakan, KPU memiliki waktu penghitungan suara hingga tingkat nasional pada 19 Maret 2024, dan paling lambat hasil rekapitulasi penghitungan suara diumumkan pada 20 Maret 2024.

"Persatuan bangsa harus dijunjung tinggi oleh seluruh elemen masyarakat karena kondusifitas merupakan kunci utama agar program-program pembangunan berjalan dengan," ujarnya.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024