Badan Pengawas Pemilu(Bawaslu) Provinsi Sumatera Utara(Sumut) mengingatkan seluruh jajaran Komisi Pemilihan Umum setempat agar mendistribusikan seluruh logistik Pemilu 2024 tepat waktu.

Koordinator Divisi Hubungan Masyarakat dan Data Informasi Bawaslu Provinsi Sumut, Saut Boangmanalu di Medan, Minggu menjelaskan seluruh logistik pemilu sudah didistribusikan ke kabupaten/kota se-Sumut.

"Untuk secara rinci saya tidak tahu ya, yang pasti informasi terakhir, logistik sudah sampai di seluruh kabupaten/kota se-Sumut. Untuk itu kami mengingatkan untuk didistribusikan tepat waktu ke kecamatan dan TPS," ujar Saut Boangmanalu.

Ia mengatakan seluruh logistik yang akan digunakan pada 14 Februari 2024 itu harus tiba paling lambat saat satu hari sebelum pencoblosan atau 13 Februari 2024.

"Sesuai dengan peraturan logistik harus tiba satu hari sebelum pencoblosan. Kami terus melakukan pengawasan melekat," kata Saut.

Dalam pengawasan melekat, kata dia, Bawaslu Sumut meminta seluruh jajaran untuk memastikan bahwa logistik yang didistribusikan tersebut sesuai dengan jumlah dan tempat yang akan dituju.

"Kami berharap teman teman KPU untuk mendistribusikan dengan waktu yang telah diatur dan bila ada hal hal yang di luar dugaan terjadi, boleh langsung berkoordinasi sehingga Bawaslu juga bisa membantu untuk memberikan solusi," kata dia.

Untuk itu, ia mengingatkan KPU beserta jajaran untuk mengutamakan ketelitian dan kecermatan dalam pendistribusian logistik tersebut agar tidak terjadi kendala pada proses pencoblosan nanti.

"Bawaslu menjalin komunikasi sebaik mungkin dengan KPU, karena komunikasi merupakan kata kunci agar proses pendistribusian berjalan dengan baik atau sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan," ujarnya.

Sementara itu, KPU Kota Medan, sudah mulai mendistribusikan logistik pemilu ke sejumlah kecamatan yang ada di Kota Medan dengan secara bertahap.

Ketua KPU Medan Mutia Atiqah di Medan, Jumat, mengatakan, pendistribusian logistik pemilu dilakukan secara bertahap mulai Kamis (8/2) dan terakhir Senin (12/2) dengan pengawalan ketat dari Polisi dan Bawaslu.

"Distribusi logistik sudah mulai dilakukan sejak hari Kamis dan dilakukan secara bertahap hingga terakhir distribusi pada Senin," katanya

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024