Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Utara telah menerima seluruh surat suara untuk keperluan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di daerah itu.

"Surat suara sudah kami terima sebanyak 55.463.115 lembar, artinya sudah 100 persen yang diterima," ujar Ketua Divisi SDM Litbang KPU Sumut Robby Effendy, di Medan, Kamis.

Ia mengatakan jumlah surat suara tersebut akan didistribusikan ke seluruh 33 kabupaten/kota yang nantinya akan dilakukan proses pelipatan dan penyortiran.

"Seluruh jenis surat suara itu masing masing menerima sebanyak 11.092.623 lembar yang akan didistribusikan ke 33 kabupaten/kota," kata dia.

Ia memastikan seluruh logistik Pemilihan Umum 2024 tersimpan di gudang dengan aman karena mendapat pengawasan dan pengamanan yang ketat.

“Kami pastikan gudang logistik Pemilu 2024 di seluruh kabupaten/kota di Sumut sudah sesuai dengan standar dan aturan yang berlaku,” katanya.

Robby menjelaskan gudang penyimpanan logistik tersebut selalu mendapat pengawasan ketat yang dipasang perangkat teknologi sistem pengawas kamera, begitu pula penjagaan oleh personel polisi.

“Personil polisi menjalankan tugas penjagaan 24 jam secara bergantian sehingga logistik terjamin aman sebelum didistribusikan ke KPPS,” katanya.

Sementara itu, untuk melindungi dari risiko terkena air atau banjir maupun kebakaran, ia memastikan fasilitas fisik gedung penyimpanan baik di dinding maupun atap telah memenuhi standar yang ditentukan.

“Fasilitas fisik atap, dinding gedung, alat keamanan kebakaran, dan SDM keamanannya seluruhnya sudah kami penuhi,” katanya.

Selain itu, di melanjutkan saat ini seluruh tahap logistik yang mencakup bilik suara, kotak suara, tinta, segel, alat tulis kantor, alas dan paku coblos, hingga plastik pembungkus kotak suara telah tersimpan di gudang masing-masing KPU kabupaten/kota se-Sumut.

“Untuk pelipatan surat suara melibatkan ribuan orang yang mendapat pengamanan ketat," ujarnya

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024