Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menegaskan terlibat dan berpartisipasi dalam program "FISIP UMSU Dukung dan Kawal Pemilu 2024"

Dekan FISIP UMSU Dr. Arifin Saleh Siregar di Medan, Sabtu, mengatakan, teknis program tersebut adalah berbasis partisipasi dengan mengisi link online yang sudah disiapkan.

Di hari pencoblosan Pemilu 2024, Rabu 14 Februari 2024, mahasiswa harus datang ke tempat pemungutan suara  masing-masing. Di sana, mereka melakukan selfi (foto diri) dan memoto suasana di TPS dan kemudian melaporkan suasana di TPS dan hasil penghitungan suara.

"Semua itu diisi ke link online yang sudah ada. Mahasiswa yang isiannya lengkap akan mendapat sertifikat penghargaan dan yang laporannya paling bagus dan menarik akan diberi hadiah. Kita yakin, ini tidak hanya bermanfaat bagi mahasiswa dan FISIP UMSU tapi juga akan membantu KPU selaku penyelenggara dan juga Bawaslu sebagai pengawas," katanya.

Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP menyambut positif program tersebut karena dinilai sebagai salah satu bukti keterlibatan UMSU dalam menyukseskan Pemilu 2024.

"Para mahasiswa harus memanfaatkan program ini sebaik-baiknya. Pemilu ini adalah sejarah bagi mahasiswa dan kita semua," katanya.

Rektor melanjutkan, UMSU sebagai lembaga pendidikan tinggi, mendorong mahasiswanya untuk memanfaatkan momen tersebut sebagai bagian dari pendidikan politik.

Mahasiswa diajak untuk berpartisipasi aktif ikut memberikan suara. Mahasiswa yang kebanyakan sebagai pemilih pemula bisa menjadikan momen Pemilu 2024 sebagai pengalaman sekaligus pembelajaran.

Selain ikut memberikan suara, mahasiswa FISIP juga diharapkan ikut mengawal pelaksanaan pemungutan suara di TPS masing-masing sebagai bentuk dukungan Pemilu yang jujur dan adil.

"Partisipasi aktif mahasiswa di TPS ini sekaligus diharapkan ikut mendorong masyarakat berpartisipasi dalam pemungutan suara. Kita juga nanti akan memberi penghargaan hadiah menarik untuk mahasiswa yang laporannya dinilai paling bagus," katanya.

Terkait program yang digagas FISIP UMSU tersebut, anggota Bawaslu Sumut, Payung Harahap menyebutkan program kegiatan itu sudah termasuk bagian dari pengawasan partisipatif terhadap pelaksanaan Pemilu 2024.

"Terima kasih kami kepada UMSU yang sudah melibatkan mahasiswa dan dosennya untuk menyukseskan Pemilu 2024. Kita berharap nanti ada tindak lanjut dari program ini dan Bawaslu Sumut siap bekerja sama untuk itu," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024