Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disbudparekraf) Sumatera Utara Zumri Sulthony mengatakan, Kejuaraan Dunia F1 Powerboat (F1H2O) pada 23-25 Februari 2024 di Kabupaten Toba penting untuk mempromosikan pariwisata wilayahnya.

"Kompetisi tersebut dapat terpublikasi secara internasional dan memperlihatkan bahwa acara tersebut digelar di sebuah kawasan kaldera," ujar Zumri saat berkunjung ke Kantor Perum LKBN ANTARA Biro Sumut, Medan, Jumat.

Dia melanjutkan, penyiaran pertandingan F1 Powerboat ke seluruh dunia melalui berbagai jaringan akan semakin membuka mata dunia soal keindahan Danau Toba.

Menurut Zumri, tayangan kompetisi F1 Powerboat 2024 akan memberitahukan penggemarnya di seluruh dunia bahwa salah satu seri kejuaraan tersebut digelar di Danau Toba, Indonesia, secara rutin setelah setahun sebelumnya berlangsung di tempat yang sama.

Dengan demikian, F1 Powerboat di Danau Toba nantinya berpotensi masuk ke dalam jadwal kunjungan para penggemar yang ingin menyaksikan langsung ke lokasi.
 

"Pemasaran pariwisata itu sifatnya investasi, tidak bisa langsung dirasakan dampaknya saat itu juga. Pelaksanaan pertama mungkin tidak langsung kedatangan banyak turis, yang kedua juga demikian. Namun, publikasi itulah yang perlu dirayakan sehingga nantinya pelaksaanaan ketiga bisa semakin banyak turis asing yang menonton kejuaraan itu secara langsung," tutur Zumri.

Pihak F1H2O sudah merilis kepastian pelaksanaan F1 Powerboat kawasan Danau Toba tepatnya di Balige, Toba, yakni pada 23-25 Februari 2024.

Itu menjadi penyelenggaraan kedua setelah sebelumnya Kejuaraan Dunia F1 Powerboat berlangsung pada 24-26 Februari 2023 di lokasi serupa.

Ketika itu, pelaksanaannya dinilai sukses dan para peserta dari berbagai negara sempat mengutarakan kekaguman mereka akan Danau Toba.

Pada tahun 2024, F1 Powerboat setidak-tidaknya digelar di enam negara. Selain Indonesia, perlombaan tersebut dilaksanakan pula di Vietnam, Italia, Albania, China dan Uni Emirat Arab.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: F1 Powerboat Februari 2024 promosikan pariwisata Sumut

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024