Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Utara mengawasi proses penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Kita lakukan pengawasan melekat terhadap proses penyortiran surat suara mulai dari gudang logistik hingga ke lokasi pelipatan," ujar Koordinator Data, Informasi dan Humas, Bawaslu Sumut, Saut Boangmanalu di Medan, Senin.

Ia mengatakan, Bawaslu Sumut menempatkan personel untuk melakukan pengawasan melekat terhadap proses penyortiran dan pelipatan surat suara tersebut.

"Soal sortir dan lipat suara menjadi perhatian serius bawaslu, selain ditingkat kabupaten/kota melakukan pengawasan melekat. Pimpinan yang ada di Bawaslu Sumut juga meninjau langsung kelapangan," kata dia.

Menurutnya, hal itu penting dilakukan agar memastikan proses penyortiran dan pelipatan suara suara di Sumut berjalan dengan lancar sehingga dapat digunakan pada hari pemilihan.

"Yang pertama soal jumlah, kedua kondisi surat suara, apakah surat suara utuh akan tetap dihitung, jika ada kerusakan atau cacat maka akan di tabulasi untuk dilakukan penggantian," sebutnya.

Disingung soal surat suara yang rusak, Saut mengatakan, Bawaslu Sumut masih melakukan tabulasi data sehingga jumlah surat suara yang rusak atau cacat yang diterima KPU Sumut belum bisa dijumlahkan

"Nanti, setelah dilakukan tabulasi, kami akan menyampaikannya," sebutnya.

Pihaknya berharap proses penyortiran dan pelipatan surat suara berjalan sesuai aturan, sehingga tidak ada pihak yang diuntungkan maupun dirugikan

"Bawaslu Sumut sudah ada bentuk tim yang akan berkoordinasi yang berada di kabupaten/kota dan sejauh ini tim masih bekerja hingga nanti 100 persen logistik pemilu sampai ke tempat masing-masing," ujarnya.

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Utara melibatkan 5.149 orang yang ditugaskan untuk menyortir dan melipat surat suara Pemilihan Umum 2024 pada 33 kabupaten/kota di wilayah ini.

"Jumlah petugas untuk melipat surat suara, sortir, setting, checking dan packing di seluruh daerah di Sumut sebanyak 5.149 orang," ujar Anggota KPU Sumut, Robby Effendy.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024