Penjabat(Pj) Gubernur Sumatera Utara(Sumut) Hassanudin memastikan persiapan pemilihan umum(Pemilu) 2024 di wilayahnya berjalan dengan baik, sesuai tahapan yang telah ditetapkan.

"Bersama KPU, Bawaslu, Polda, Kodam I/BB dan DPRD, kami memperkuat sinergi dan memastikan tahapan Pemilu ini berjalan baik," ujar Hassanudin usai Rapat Koordinasi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Komisi Pemilihan Umum(KPU), Badan Pengawas Pemilu(Bawaslu) Sumut , Monitoring Tahapan Pemilu 2024, di Medan, Jumat.

Ia menjelaskan, KPU Sumut berserta jajaran KPU kabupaten/kota tengah melakukan proses pendistribusian logistik pemilu yang akan didistribusikan ke seluruh daerah di wilayah ini.

"Saat ini, KPU sedang tahap distribusi, sama-sama kita kawal agar proses ini tidak terkendala dan sesuai dengan peraturan yang berlaku," kata Hassanudin.

Selain memastikan tahapan Pemilu berjalan dengan lancar, Hassanudin mengatakan semua pihak juga membahas upaya pencegahan yang mengganggu kondusiftas di Sumut .

Menurutnya, beberapa kejadian pada proses pemilu di wilayah ini sempat menyita perhatian publik secara nasional.

“Ayo sama-sama kita jaga kondusifitas di Sumut, jangan mudah terpancing isu-isu yang belum tentu kebenarannya jelang akhir masa kampanye ini," sebutnya.

Untuk itu, ia berharap semua pihak terutama KPU, Bawaslu dan Forkopimda, terus bersinergi agar Pemilu yang aman dan damai dapat terwujud di Sumut.

“Apa yang terjadi di luar Sumut bisa juga terjadi di sini, atau sebaliknya, malah kita yang jadi pemicunya, untuk itu butuh sinergi kuat mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan," ujarnya.

Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi memastikan, pihaknya bersama TNI tetap fokus untuk menciptakan suasana yang kondusif.

“Kampanye sebentar lagi berakhir dan biasanya akan semakin hangat, tetapi tentu kita sudah mempersiapkan untuk menghadapi semua kemungkinan, memitigasi hal-hal yang bisa mengganggu pesta demokrasi ini,” ujar Kapolda Agung Setya Imam.

Sementara itu, Ketua KPU Sumut Agus Arifin mengatakan tahapan pendistribusian logistik pemilu akan berakhir pada 15 Januari 2024.

“Batas akhirnya 15 Januari 2024 semua harus sudah sampai ke masing-masing TPS di Sumut, kita sangat berterima kasih kepada TNI dan Polri yang terus melakukan pengamanan selama proses ini,” kata Agus Arifin.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024