Pengprov Persatuan Cricket Indonesia (PCI) Sumatera Utara melakukan tes psikologi terhadap atlet yang dipersiapkan untuk menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Sumut-Aceh.

Sekretaris Umum PCI Sumut Abdul Hakim Siregar di Medan, Sabtu, mengatakan, melalui tes psikologi tersebut diharapkan dapat diketahui kemajuan mental para atlet selama menjalani pelatda persiapan menghadapi PON XXI/2024.

Hasil evaluasi tes psikologi tersebut nantinya dinilai sangat berguna bagi pengurus dalam memahami gejala-gejala psikologis yang muncul pada diri atlet seperti motivasi, perasaan, pikiran, kecemasan, sikap, dan kepribadian para atlet.

"Sehingga nantinya para psikolog dapat membantu dan berperan aktif menginternalisasi gejala-gejala psikologi yang dianggap dapat mempengaruhi peningkatan prestasi atlet dalam mencapai performa terbaiknya dalam meraih prestasi puncak khususnya pada PON XXI/2024 Aceh-Sumut 2024," katanya.

Selain atlet, pelatih juga diwajibkan mengikuti tes psikologi tersebut sehingga pengurus nantinya dapat melihat sejauh mana para kesungguhan pelatih dalam membantu atlet binaannya yang mengalami kesulitan dalam latihan, baik fisik, teknik, taktik, dan mental.

"Nantinya juga akan ada konseling lanjutan kepada atlet dan pelatih. Kita harapkan mental dan psikologis mereka nantinya benar-benar siap untuk meraih hasil maksimal di PON mendatang," katanya.

Sementara psikolog Sunarto mengatakan hasil tes psikologi itu nantinya sangat berguna dalam pembinaan mental atlet agar mampu menampilkan kualitas pribadi yang tangguh dalam menghadapi dinamika pelatihan serta pertandingan.

Metode evaluasi psikologis yang digunakan untuk mengukur kompetensi mental atlet kiranya dapat mempengaruhi kinerja mereka. Tes ini dirancang untuk membantu atlet memahami kekuatan dan kelemahan mereka serta bagaimana mengembangkan keterampilan psikologis yg berdampak positif .

"Tes psikologi ini meliputi berbagai tes seperti tes kapasitas intelektual dan fungsi nya, cara menggunakan waktu, kepribadian serta aspek khusus lainnya. Adapun hasil dari tes ini dapat mengukur kemampuan intelektual atlet, daya tahan stress, ketekunan, keuletan, dan lainnya," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023