Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara(Sumut) menyiapkan alat berat di pos terpadu jika terjadinya bencana longsor di ruas jalan selama perayaan Natal 2023 dan tahun baru 2024.

"Sesuai petunjuk Kapolda Sumut, setiap pos terpadu agar menyiapkan alat berat yang bisa digerakkan secepat mungkin ke objek atau lokasi yang ada insiden," kata Kepala Bidang Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi di Medan, Selasa.

Ia melanjutkan, data dari Polda Sumut ada 45 lokasi rawan longsor di lalu lintas di antaranya Kabupaten Mandailing Natal, Kabupaten Tapanuli Utara, Sibolga, Kabupaten Toba dan lainnya.

"Alat berat ini berguna untuk mempermudah pengerjaan personel gabungan apabila terjadi bencana longsor di ruas jalan pada arus mudik Natal dan tahun baru ini," tutur Hadi.

Pengerjaan ini, ia mengatakan juga berkoordinasi kepada pihak pemangku kepentingan lainnya seperti Basarnas, BPBD, dan dinas terkait lainnya untuk mengatasi bencana longsor tersebut.

"Untuk itu, kami berharap arus mudik Natal dan tahun baru maupun arus balik nanti tidak terjadi insiden tersebut," ucap Hadi.
 

Selain itu, Kabupaten Karo yang sering dikunjungi wisatawan pada Natal maupun tahun baru, kata Kabid Humas Polda Sumut juga mempersiapkan antisipasi terjadi kemacetan.

"Bisa jadi nanti terjadi kemacetan akan diberlakukan satu arah, tapi ini sifatnya kondisional. Kami berharap personel di lapangan juga memberikan informasi kepada pengendara terkait arus lalu lintas," ucapnya.

Untuk melakukan pengamanan pada Natal dan tahun baru ini, Polda Sumut telah mempersiapkan sebanyak lebih dari 12.000 personel gabungan, 102 pos pelayanan, 75 pos pengamanan dan lebih dari 20 pos terpadu untuk mengantisipasi puncak arus mudik.

Selain menempatkan personel gabungan di ruas jalan tersebut, Hadi menyebutkan pihaknya dan pemangku kepentingan lainnya telah memfungsikan jalan tol yang ada di beberapa daerah guna memperlancar kendaraan yang melakukan perjalanan mudik libur perayaan Natal dan tahun baru.

"Tahun ini juga untuk ruas tol mengarah Indrapura, Kabupaten Asahan, Kabupaten Serdang Bedagai dan Kota Tebing Tinggi yang dapat mengurai kemacetan," ucapnya.

 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023