Ketua Bawaslu Kota Padangsidimpuan Ratno Afandi meminta seluruh jajaran pengawas pemilu mulai dari tingkat Kota Padangsidimpuan, kecamatan tingkat desa atau kelurahan untuk tidak pandang bulu dalam menegakkan keadilan pemilu demi menciptakan pemilu 2024 yang berintegritas.

"Kita  sebenarnya tidak pernah 'pandang bulu' untuk menurunkan alat peraga yang bermasalah. Namun, sekarang di medsos banyak potongan-potongan informasi yang mengarah ke Hoax itu harus kita tertibkan," ucap Ketua Bawaslu Kota Padangsidimpuan Ratno Afandi didampingi Ketua Bawaslu Sumut M Aswin Diapari Lubis, Senin di halaman Kantor Wali Kota Padangsidimpuan.

Kita pastikan kepada pengawas pemilu Kota Padangsidimpuan yang hadir di depan saya ini adalah pengawas pemilu yang telah disumpah disaksikan oleh Tuhannya, untuk menjadi pengawas pemilu berintegritas.

Pihaknya berterima kasih kepada seluruh Pemerintah Kota Padangsidimpuan, yang telah mensuport kerja Bawaslu dalam melakukan pengawasan Pemilu.

Ratno pun berharap pengawas pemilu dilapangan membuat strategi khusus untuk pengawasan kampanye di medsos atau secara nyata sesuai dengan karakteristik daerahnya.

"Manfaatkan teknologi pemantauan dan analis data dan menggunakan alat kerja secara efektif. Pengawas pemilu daerah membuat strategi khusus untuk pengawasan kampanye di medsos dengan mengidentifikasi kadar populer akun-akun yang berpotensi menyebarkan informasi palsu dan tren yang mungkin perlu diawasi," jelasnya.

Ratno pun meminta jajaran pengawas pemilu bekerja maksimal dan pengawas pemilu saya tegaskan tidak hanya ada di kantor, namun ada di lapangan hingga selesai.

"Siapkan mental maupun fisik dan ajarkan kepada teman-teman lainnya bagaimana cara istirahat yang benar dan efektif agar kesehatan terjaga," ajak Ratno.

Sementara itu Pj Wali Kota Padangsidimpuan Dr H Letnan Dalimunthe, M.Kes bersama Forkopimda Kota Padangsidimpuan berharap pelaksanaan pemilu 2024 mendatang dapat berjalan dengan berintegritas benar sesuai aturan undang-undang yang ada.

Terakhir, pj wali kota mengatakan bahwa penyelenggaran apel tersebut sebagai ikhtiar untuk mewujudkan Pemilu yang aman, damai, dan kondusif di Bumi Salumpat Saindege. 

"Atas nama Pemerintah Kota Padangsidimpuan, saya berharap penuh dan mendukung terciptanya suatu kondisi Pemilu yang aman, damai, berintegritas, bermartabat dan tanpa cela, serta zero pelanggaran," pungkas Letnan.

Dalam Apel Siaga Pengawasan pemilu , dilakukan juga Pembacaan Deklarasi Damai oleh seluruh Peserta apel dari Partai Politik yang dilanjutkan dengan penandatanganan oleh Pj Wali Kota Padangsidimpuan Letnan Dalimunthe, Ketua Bawaslu, Ketua KPU, Forkopimda, dan instansi terkait.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023