Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Sumatera Utara memantapkan persiapan atlet loncat indah menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 dengan menggenjot porsi latihan fisik di stadion renang Selayang Medan.

"Sumut direncanakan menerjunkan lima atlet dan sejak sekitar pertengahan 2022 telah menjalani pemusatan latihan daerah," kata pelatih loncat indah Sumut Aqil Muhammad di Medan, Kamis.

Diakuinya, persiapan atlet loncat indah Sumut selama pelatda berjalan masih fokus kepada latihan fisik secara terprogram karena sarana di stadion renang Selayang yang dijadikan arena latihan hingga saat ini masih dalam tahap renovasi.

“Kita masih terus memompa kondisi fisik pemain dan saya lihat banyak kemajuannya untuk endurance. Selama menjalani latihan, mereka menunjukkan perkembangan sangat positif,” tuturnya.

Ia memperkirakan program latihan loncat indah secara menyeluruh baru bisa berjalan sesuai standar baku setelah kolam di stadion renang Selayang dapat difungsikan penuh sekitar Februari 2024 atau bersamaan dengan dimulainya tahapan pemusatan latihan atau TC penuh.

Pada PON 2024, Aqil memprediksi lawan berat yang bakal dihadapi, antara lain Jawa Timur, DKI Jakarta, Sumatera Selatan, dan Jawa Tengah.

Sementara itu, kelima atlet loncat indah Sumut yang dipersiapkan untuk PON 2024 adalah Wahyudi Syahputra, Muhammad Jatayu, Angle Theresia Purba, Chairunnisa Adinda, dan Vania Theola Barus.

Para peloncat indah Sumut itu akan tampil di sejumlah nomor, antara lain sinkronisasi 3 meter serta 1 meter dan sinkronisasi menara 10 meter.

"Dari lima atlet putra dan putri itu, kita menargetkan minimal meraih satu medali emas," katanya.

Para atlet loncat indah tersebut juga telah diikutsertakan dalam kejuaraan berskala nasional, di antaranya Festival Aquatik Indonesia 2022 di Jakarta.

Pewarta: Juraidi

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023