Sebanyak 34 orang guru SD dan SMP dari 17 sekolah di Kota Tanjung Balai mengikuti pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Digitalisasi (PMPAD), yang dibuka secara resmi oleh Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan, Mariani, Senin (20/11).

Dalam sambutannya, Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjung Balai Mariani mengatakan, di era  digitalisasi saat ini kemampuan untuk menguasai teknologi berbasis Informasi Teknologi (IT) sangat dibutuhkan.

Pada dunia pendidikan, kata Mariani,  kemampuan tenaga pendidik (guru) untuk menguasai IT dalam proses mengajar dan belajar sangat dibutuhkan.

Melalui kegiatan tersebut, peserta pelatihan diharapkan benar-benar mengikuti pelatihan, dan patut bersyukur terpilih sebagai peserta untuk mengasah kemampuan dibidang teknologi informasi.

"Saat ini digitalitasi merupakan kebutuhan di dunia pendidikan, dan merupakan kebijakan Nasional yang diturunkan ke daerah. Peserta hendaknya bersyukur selama dua hari ke depan akan memperoleh ilmu dibidang IT," kata Mariani.

Dia menambahkan, pendidikan itu penting melebihi ilmunya. Apalagi pemerintah juga menerapkan aturan bahwa kompetensi sekolah, guru dan operator merupakan hal sangat penting agar mampu bersaing.

Sebelumnya, Ketua panitia pelaksana  Hastuty Wulandari menjelaskan, kegiatan PMPAD dilaksanakan dua hari, mulai 20 hingga 21 Nopember 2023, bertempat di Aula SMPN 1 Kota Tanjung Balai, dengan sumber dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) Kinerja Berkemajuan tahun anggaran (TA) 2023.

Pelatihan diikuti 34 orang peserta dari 17 SD dan SMPN/Swasta di Kota Tanjung Balai yang mendapat danaBOS Kinerja Berkemajuan TA 2023.

Salah satu tujuan program pelatihan memberikan kesempatan kepada tenaga pendidik dan kependidikan untuk senantiasa meningkatkan kualitas mengajar berbasis IT, serta peningkatan profesionalisme, kompetensi tenaga pendidik dibidang informatika komunikasi.

"Sedangkan hasil yang diharapkan dari pelatihan teknologi informatika adalah memberikan keterampilan kepada seluruh guru sertifikasi dan non sertifikasi di Kota Tanjung Balai," kata Wulan.

Sesuai catatan, pelatihan PMPAD menghadirkan empat narasumber/instruktur dari Education Gates Enterprise pusat E-Learning dan Pelatihan IT, yakni Andy irfandi, Ockna raj syafranji, Abizal maulana dan Siti Halimatuhsadiah.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023