Yayasan Kanker Indonesia Tapanuli Selatan (YKI Tapsel) menyosialisasikan pencegahan kanker di dua kecamatan di wilayah itu. Yakni di Puskesmas Simarpinggan Angkola Selatan dan Puskesmas Pargarutan Angkola Timur.

Ketua YKI Tapsel Ny Rosalina Dolly Pasaribu, Jumat (17/11), mengatakan sosialisasi ini penting agar masyarakat Tapsel khususnya di Angkola Selatan dan Angkola Timur mengetahui sejauh mana bahaya kanker.

Menurut Rosalina pencegahan kanker sejak dini perlu dilakukan. Karena mencegah lebih baik dari mengobati. 

"Salah satu memanfaatkan (konsumsi) daun kelor. Selain diyakini menghambat pertumbuhan kanker, daun kelor cukup bermanfaat pertumbuhan dan perkembangan anak," kata Rosalina.

Dalam kesempatan ini Rosalina tidak lupa menyosialisasikan kepada masyarakat program berobat gratis.

"Warga miskin Tapsel jangan khawatir berobat ke pusat pelayanan kesehatan masyarakat pemerintah. Pemerintah melalui program Universal Health Coverage (UHC) yang membiayainya. Cukup bawa KTP dan KK akses pelayanan kesehatan akan dapatkan warga," sebutnya.

Sebagai pemateri dalam sosialisasi pencegahan kanker ini di antaranya Dr Emilda, Pengurus YKI Tapsel, Ny Evi Parlindungan Harahap, dan unsur PKK Angkola Selatan dan Angkola Timur,  Kepala Puskesmas Pargarutan, dan Kepala Puskesmas Simarpinggan.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023