Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Simalungun melakukan kunjungan wisata ke Pemkot Sabang, Provinsi Aceh, 7-10 November 2023.

Dalam perjalanan lima hari itu, Dinas Kominfo Simalungun membawa 30-an wartawan unit dan mengunjungi sejumlah objek wisata yang dikenal dalam dan luar negeri. 

Rombongan disambut Pejabat Wali Kota Sabang diwakili Asisten Adminstrasi Umun Rinaldi Syahputra didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Faisal Azwar yang juga selaku Plt Kadis Pariwisata, Sekretaris Dinas Kominfo Kerry Priyono.

Kepala Dinas Kominfo Simalungun Andri Rahardian menjelaskan, kunjungan wisata untuk mengetahui upaya Pemkot Sabang mengelola kedua objek wisata tersebut. 
 

Disebutkan, Pemkab Simalungun memiliki ratusan tempat wisata, dan di antaranya Danau Toba yang ditetapkan Pemerintah Pusat menjadi kawasan strategis pariwisata nasional. 

Danau Toba Simalungun mengandalkan panorama alam dan perairan yang sama dengan Pemkot Sabang dengan wisata taman laut juga alamnya. 

Plt Kadis Pariwisata Sabang Faisal Azwar menyebut, Pemkot Sabang memiliki beberapa pulau terluar, Pulau Weh yang terluas dengan populasi penduduk 40.000-an jiwa. 

Wisata unggulan di Pulau Weh, yakni Km Nol Indonesia, taman laut dan taman hutan yang asri yang menjadi sumber pendapatan warga. 

Makanya, warga memiliki kesadaran mengelola objek wisata dengan menjaga keseimbangan alam lingkungan, supaya tetap asri, bersih, sejuk dan nyaman. 

 

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023