Pemerintah Kota (Pemkot) Medan, Sumatera Utara membangkitkan ekonomi kreatif dengan menggelar pelatihan konten kreator untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di daerah ini.

"Ekonomi kreatif menjadi salah satu fokus pembangunan Kota Medan, sebab sektor ini memiliki potensi untuk terus dikembangkan," kata Wali Kota Medan diwakili Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Medan Vianti Dewi Nasution, di Medan, Selasa.

Menurut dia, secara umum para konten kreator di Kota Medan mengangkat produk unggulan daerah dalam pelatihan yang diikuti 66 orang peserta.

Pihaknya menjelaskan Kota Medan memiliki beragam produk yang menjadi keunikan dan keunggulan, tetapi masih terkendala inovasi dan promosi, salah satunya bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Dukungan berupa tips memasarkan produk agar dapat bersaing, tentunya menjadi salah satu indikator terbesar dalam memajukan UMKM di Kota Medan," katanya pula.

Ia melanjutkan, kemajuan pelaku UMKM di wilayah ibu kota Provinsi Sumut ini melalui dukungan konten kreator, sehingga terus memutar roda perekonomian daerah.

Adanya pelatihan konten kreator ini diharapkan semakin berdampak dalam membangun Kota Medan tidak hanya memberikan hiburan, tetapi juga mengangkat potensi-potensi yang dimiliki Kota Medan.

 


"Kegiatan ini tentu memiliki nilai tambah yang sangat besar dan strategis untuk mendukung setiap visi misi Pemkot Medan," kata Vianti.

Kabid Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kota Medan Syafrizal menjelaskan pelatihan ini untuk memberikan ruang bagi warga Kota Medan dan pecinta konten kreator dalam meningkatkan SDM.

Selain itu, ujar dia lagi, bertujuan memfasilitasi komunitas konten kreator dalam mengikuti berbagai kegiatan konten kreator merupakan salah satu kegiatan positif bagi mereka.

"Kegiatan ini juga mengembangkan ekosistem ekonomi kreatif konten kreator di Kota Medan. Selain itu, mengarahkan generasi milenial ke arah positif sehingga terhindar dari pengaruh lingkungan yang tidak baik," katanya pula.

Muhammad Irfan, pelaku konten kreator yang mengikuti pelatihan ini menilai bahwa kegiatan ini sangat positif, khususnya bagi dirinya yang baru pertama kali mengikuti kegiatan Pemkot Medan ini.

"Kami bangga digelarnya pelatihan ini, dan merasa dihargai dengan diajak dan diajarkan cara berkonten kreator yang baik. Meski kami sudah paham sedikit, tapi kami memerlukan Ilmu yang lebih baik," kata dia lagi.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023