Tim Gabungan Polres Sibolga menggelar kegiatan patroli dalam rangka razia penyalahgunaan narkoba di wilayah perbatasan Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

Tim gabungan yang terdiri dari Satuan Narkoba, Reskrim, Lantas, Samapta, Intelkam dan Propam Polres Sibolga menggelar razia peredaran narkoba.

"Tujuan razia gabungan ini untuk mencegah penyalahgunaan dan peredaran narkotika ke Kota Sibolga," kata Kapolres Sibolga AKBP Taryono Raharja, melalui Kabag Ops Polres Sibolga Kompol Asmon Bufitra, Kamis.

Asmon menyebutkan sebelum pelaksanaan razia tersebut dilaksanakan apel kesiapan yang dipimpin oleh Kabag Ops Polres Sibolga Kompol Asmon Bufitra.

Selanjutnya tim gabungan berangkat menuju sasaran di Jalan Sisingamangaraja perbatasan Sarudik Kabupaten Tapanuli Tengah.

"Kemudian dalam pelaksanaan tugas tim gabungan yaitu, Sat Lantas Polres Sibolga melaksanakan penyetopan kendaraan yang akan diperiksa dan pengaturan arus lalu lintas," ucapnya.
Ia mengatakan sedangkan Sat reskrim dan Sat narkoba langsung memeriksa kendaraan roda empat yang membawa penumpang dari Padangsidimpuan dan Mandailing Natal menuju Kota Sibolga.

Sat Intelkam melaksanakan deteksi dini, pengawasan, penggalangan terhadap objek pemeriksaan meliputi pengemudi dan penumpang serta melaksanakan tugas razia.

"Kemudian, Sat Samapta melaksanakan back up pengaturan arus lalu lintas dan pengamanan terbuka. Personel Propam melaksanakan pengamanan dan pengawasan terhadap seluruh personel yang sedang melaksanakan razia," katanya.

Kabag Ops menambahkan untuk mencegah masuknya narkoba, tim gabungan melaksanakan razia hingga sore hari diperbatasan Sarudik Kabupaten Tapanuli Tengah.

Saat melaksanakan razia semua mobil penumpang, mobil truk dan kendaraan roda dua yang dicurigai diberhentikan dan dilakukan pemeriksaan dengan cara humanis. Selain masuknya narkoba juga turut diperiksa barang bawaan penumpang berupa senjata api rakitan dan senjata tajam.

"Kurang lebih dua jam petugas melaksanakan razia, tidak ada ditemukan narkoba dan benda-benda tajam dari orang-orang yang melintas baik itu dari mobil barang, mobil penumpang dan pengendara sepeda motor, sampai berakhirnya razia situasi aman dan kondusif," kata Asmon.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023