Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama Pj Gubernur Sumut Hasanuddin mendampingi pimpinan Komisi Pemberantas Korupsi RI membuka Roadshow Bus KPK di Pekan Raya Sumatera Utara Medan, Kamis.

Roadshow Bus KPK yang dihadiri Wakil Ketua RI KPK Nurul Ghufron dilakukan sebagai salah satu kegiatan mengenalkan dan menanamkan nilai-nilai antikorupsi kepada masyarakat.

Dalam Roadshow Bus KPK bertema "Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi" ini berlangsung di ibu kota Provinsi Sumatera Utara selama empat hari mulai 26 hingga 29 Oktober 2023.

Kegiatan ini diharapkan memberikan semangat bagi pemerintah daerah mewujudkan 'good government' (tata kelola pemerintahan yang baik) dan 'clean government' (pemerintahan yang bersih) di wilayah Provinsi Sumatera Utara.

Wakil Ketua KPK RI Nurul Ghufron dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan membudayakan antikorupsi ini harus terus dijaga kontinuitasnya guna menciptakan generasi benar-benar antikorupsi.

"Mari bersama kita lahirkan komitmen menjadi pejabat publik yang antikorupsi dengan menggelorakan Sumut antikorupsi," katanya.

 


Dengan melahirkan budaya antikorupsi tersebut, lanjut dia, dapat dimulai dengan mencari akar budaya permasalahan korupsi itu sendiri lewat membangun kesadaran di berbagai kalangan.

Ia mengatakan budaya korupsi tersebut lahir karena seseorang yang terlalu cinta akan harta, kenikmatan akan diri sendiri, dan kemewahan.

"Kalau sudah cinta harta, pasti demi harta melakukan berbagai cara. Apalagi seseorang tersebut memiliki wewenang," tutur dia.

ia berharap kampanye kolektif di Kota Medan menjadi provinsi kelima di Pulau Sumatera yang disinggahi dapat menyebarkan paham antikorupsi.

"Kami harap tidak berhenti di sini saja, tetapi semangat ini diteruskan hingga ke kabupaten/kota di Sumatera Utara, dan dilakukan terus menerus," ungkap Ghufron.

 

 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023