Wali Kota Medan, Sumatera Utara, Bobby Nasution menyebutkan bahwa kearifan lokal mengajarkan masyarakat menjaga hubungan antara manusia dan alam guna mencegah risiko bencana.

"Dengan demikian, maka dampak diakibatkan dari kemungkinan terjadinya bencana dapat diminimalisasi sedini mungkin," ungkap Bobby di Medan, Sumut, Ahad.

Pihaknya mengungkapkan, Pagelaran Budaya Sadar Bencana ini menjadi salah satu sarana dalam penyampaian pesan kepada masyarakat, termasuk mitigasi bencana.

Sebab, di dalam keragaman budaya di Indonesia senantiasa diajarkan tentang kebersamaan dan kekeluargaan yang terjalin kuat.

"Artinya, pesan-pesan itu lah yang kita butuhkan. Kebersamaan, kepedulian antar sesama, saling mengerti dan memahami menjadi kekuatan bagi kita semua," katanya.

Wali kota juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang peduli akan kondisi lingkungan dan alam agar sama-sama dijaga.

 


"Kita jaga bersama alam, lingkungan dan sekali lagi, mitigasi bencana adalah tanggung jawab kita bersama," imbuh Bobby.

Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Rustian mengapresiasi Pemkot Medan yang telah berkolaborasi TNI AD melakukan pembersihan Sungai Deli.

Ia mengatakan program normalisasi dan gotong royong bersih Sungai Deli itu menjadi salah satu bentuk nyata mitigasi bencana secara luas yang dilakukan selama 64 hari kerja dimulai sejak 17 September 2023.

"Kami mengapresiasi masifnya upaya-upaya mitigasi bencana dilakukan Pemkot Medan. Penanggulangan bencana bukan tanggung jawab beberapa pihak, melainkan tanggung jawab kita semua," kata Rustian.

Data Dinas Sumber Daya Air Bina Marga Bina Konstruksi Kota Medan menyebut normalisasi dan gotong royong bersih Sungai Deli dimulai Sektor I hingga Sektor IV terhadap Sungai Deli di Kota Medan sepanjang 34,5 kilometer.

Sektor I Jembatan Belawan-Rumah Sakit (RS) Delima sepanjang 9,2 km, Sektor II RS Delima-RS Martha Friska 8,9 km, Sektor III RS Martha Friska-Jalan Palang Merah 7,5 km, dan Sektor IV Jalan Palang Merah-Kanal 8,5 km.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023