Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumatera Utara, Ilyas Sitorus mengatakan, Mantan Gubernur Syamsul Arifin merupakan salah satu putra terbaik yang dimiliki Sumut yang telah banyak berkontribusi dalam pembangunan daerah di wilayah ini.

"Beliau banyak memberikan sumbangsih bagi provinsi ini. Semoga almarhum husnul khatimah, dan seluruh amalnya diterima di sisi Allah SWT. Semoga keluarga yang ditinggalkan juga diberi kekuatan dan ketabahan," ujar Ilyas, di Medan, Selasa.

Ia menuturkan, seluruh jajaran Pemerintah Provinsi Sumtera Utara merasakan duka mendalam atas meninggalnya mantan Gubernur Sumut ke-15 tersebut.

“Pj Gubernur atas nama Pemerintah Provinsi dan seluruh masyarakat Sumut menyampaikan turut berduka cita yang mendalam atas meninggalnya Dato’ Seri Syamsul Arifin," kata Ilyas.

Gubernur Sumatera Utara ke-15 Syamsul Arifin meninggal dunia pada Selasa sekitar pukul 12.45, di usianya yang ke 71 tahun.

Adilk kandung Syamsul Arifin, Syah Afandin mengatakan, Gubernur Sumatera Utara yang menjabat pada 2008 hingga 2011 itu meninggal dunia setelah menjalani perawatan medis di salah satu rumah sakit Jakarta.

"Waalaikumsalam, iya benar meninggal di Jakarta," ujar adik kandung Samsul Arifin, Syah Afandin.
 

Syah Afandin yang juga menjabat Plt Bupati Langkat ini mengatakan, jasad almarhum saat ini masih berada di Jakarta dan segera diterbangkan ke Sumatera Utara.

"Saat ini persiapan menuju Sumut, terima kasih yaa," katanya.

Baca juga: Gubernur Sumatera Utara ke-15 Syamsul Arifin meninggal dunia

Sementara itu, Ketua Harian Pengurus Besar Majelis Adat Melayu Indonesia (PB Mabmi) Asrin Naim mengungkapkan, kondisi pria yang bergelar Datuk Lelawangsa Sri Hidayatullah Putera Melayu Sahabat Semua Suku itu mengalami penurunan dratis kesehatannya sebelum dilarikan ke rumah sakit di Medan.

"Kabari terakhirnya emang beliau mengalami sakit, diduga ini karena naiknya gula darah beliau, sampai luka kakinya, sempat diobati di Medan dan terakhir di Jakarta, dan beberapa belakangkan ini emang kurang sehat," ujar Asrin.

Asrin mengatakan, Syamsul Arifin akan disemayamkan di Kota Medan dan dikebumikan di Pangkalan Brandan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

"Kami sampaikan juga dengan Bupati Langkat bahwa jenazah malam ini diberangkatkan dari Jakarta dan disemayamkan di Medan lalu nanti nya dibawa ke Brandan dan dikebumikan di sana," kata Asrin.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023