Anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Trimedya Panjaitan mengelar sosialisasi empat Pilar MPR di Kabupaten Labuhanbatu, Sabtu (14/10) sore di Rantauprapat.

Trimedya Panjaitan dalam pemaparannya mengingatkan, agar masyarakat selalu menjalankan pilar-pilar kebangsaan, yakni Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, Undang-undang dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 sebagai konstitusi negara serta ketetapan MPR, Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai bentuk negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara. 

"Dalam hal ini, tugas dan kewajiban anggota MPR memasyarakatkan empat pilar MPR untuk meningkatkan cinta kebangsaan dan nasionalisme," ujarnya. 

Ia menjelaskan, kedudukan Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, juga sebagai fundamental, filsafat, pikiran yang mendalam, pandangan hidup dan pemersatu bangsa. 

Pancasila sebagai dasar negara berarti Pancasila menjadi dasar untuk mengatur penyelenggaraan negara dan seluruh warga negara Indonesia. 

"Pancasila sebagai ideologi negara dapat dimaknai sebagai sistem kehidupan nasional yang meliputi aspek etika/moral, politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan dalam rangka pencapaian cita-cita dan tujuan bangsa yang berlandaskan dasar negara," katanya.

Terpenting, jelas Ketua Umum PP Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) periode 2022-2026 ini, tantangan kebangsaan menurut ketetapan/Tap MPR nomor IV tahun 2001 tentang etika kehidupan berbangsa.

Yakni, pengaruh globalisasi kehidupan yang semakin meluas dan persaingan antar bangsa yang semakin tajam dan semakin kuatnya intensitas intervensi kekuatan global dalam perumusan kebijakan nasional. 

Trimedya juga berharap nasionalisme masyarakat terus bertumbuh. Ia mengambil contoh nasionalisme sudah bertumbuh di Daerah Istimewa Yogyakarta, setiap jam-nya menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya untuk menumbuhkan nasionalisme. 

"Kapan di Sumatera Utara atau di Medan saja dulu? nggak usah setiap jam, 3 kali saja sehari. Nah, ini perlu untuk meningkatkan kecintaan kita terhadap NKRI dan menumbuhkan rasa nasionalisme kita. Mudah-mudahan sosialisasi ini bermanfaat dan ada gunanya," ujar legislator Dapil Sumut II ini. 

Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023