Pelaksana Tugas Bupati Langkat Syah Afandin berharap nantinya MTQ  Ke-56 tingkat kabupaten yang dilaksanakan di Kecamatan Kutambaru dapat melahirkan insan yang qurani.

Hal itu disampaikan Syah Afandin saat melantik kordinator, ketua dewan hakim, anggota dewan hakim dan sekretaris bidang adminitrasi MTQ Ke-56 Kabupaten Langkat Tahun 2023, bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati, Jumat (6/10).

Ada sebanyak 76 orang dewan hakim yang dilantik yang nantinya akan mengemban tugas pada acara MTQ Ke-56 Kabupaten Langkat di Desa Perkebunan Marike Kecamatan Kutambaru mulai 9-13 Oktober 2023.

Syah Afandin sebelum menyampaikan bimbingan dan arahannya beliau mengajak para dewan hakim yang baru saja dilantik untuk membacakan Surah Fatihah  yang di tujukan kepada seseorang calon dewan hakim MTQ yang telah berpulang ke Rahmatullah pada Kamis (14/9) yakni Almarhum Ustadz H.Asrar, S.Ag.

Selanjutnya Afandin pun mengatakan hari ini amanah untuk memberikan penilaian kepada peserta MTQ secara resmi telah bapak/ibu miliki. Ia yakin seluruhnya memiliki kompetensi di bidang masing-masing dan saya percaya tidak akan mengkhianati amanah dengan berlaku tidak jujur atau tidak adil dalam memberikan penilaian sebab seluruh pekerjaan akan dipertanggungjawabkan tidak saja kepada LPTQ dan kepanitiaan akan tetapi lebih daripada itu dipertanggungjawabkan kelak di hadapan sang Maha Adil Allah SWT.
 

"Saya tidak lagi berpesan karena bapak/ibu adalah orang yang lebih memahami agama dari pada saya, dan lebih tahu besarnya arti amanah sehingga  Kabupaten Langkat telah melahirkan juara tingkat Internasional yakni Zahran Auzan," sebutnya. 

Saya tidak akan mengintervensi bapak/ibu untuk menentukan juara, ketika pelaksanaan-pelaksanaan MTQ kecamatan saya juga berpesan kepada dewan juri, juara tidaklah menjadi utama namun melahirkan insan-insan yang qurani di kabupaten Langkat menjadi yang utama.

Dengan kepiawaian bapak ibu menilai untuk menghasilkan yang terbaik, karena selama ini kita ketahui bahwa kegiatan MTQ ini selalu mengambil Qori dan Qoriah dari luar untuk mendapatkan juara. 

Beliau juga akan terus pantau perkembangan perlombaan MTQ di Kecamatan Kutambaru, atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Langkat saya ucapkan terima kasih atas kesedian bapak/ibu membantu dalam mensukseskan event agama ini sesuai dengan visi misi kami untuk menjadikan Langkat yang religius.

Adapun MTQ kali ini akan memperlombakan sembilan cabang di antaranya Tilawah remaja dan dewasa,  Tilawah anak-anak dan tartil, Satu Juzz Tilawah, lima Juzz Tilawah, 10 juzz tilawah.

Selain itu 20 juzz dan 30 Juzz tilawah, Fahmil Qur'an, Syarhil Qur'an, Khattil Qur'an

 

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023