Mewakili Kementerian Agama Republik indonesia, Tenaga Ahli Menteri Agama H. Hasan Basri Sagala kukuhkan seluruh siswa dan siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Padangsidimpuan dan Kabupaten Tapanuli selatan menjadi duta moderasi beragama.

Pada saat pengukuhan duta moderasi beragama, Hasan Basri Sagala mengajak seluruh peserta didik untuk cinta terhadap tanah air.

"Tugas daripada duta moderasi beragama ini cukup dengan mencintai, menyayangi, dan memelihara keutuhan bangsa negara kita ini. Ujar Hasan Basri Sagala dihadapan para siswa dan guru MAN 1 Sidimpuan, Selasa (26/9)

Lebih lanjut kata Hasan Sagala, duta moderasi beragama ini di tujukan untuk seluruh peserta didik yang ada di madrasah Aliyah yang ada di kota Padangsidimpuan dan kabupaten tapanuli selatan.

Pada kesempatan itu, tenaga ahli Mentri agama itu juga mengajak para siswa untuk menghindari konflik perpecahan didalam sekolah.

"Tidak hanya itu, tugas duta moderasi beragama inj juga meliputi seperti menghindari serta menjauhui sikap kekerasan, baik di lingkungan sekolah, dengan jiren tetangga, maupun dengan kelompok lain ataupun dengan agama lain. Karena bagaimana pun sikap kekerasan akan menghasilkan sebuah perpecahan sesama kita terutama di kota Padangsidimpuan ini," kata Hasan Sagala.

Terakhir kata Hasan Sagala, adapun tugas daripada duta moderasi beragama ini yaitu para peserta didik harus lebih giat belajar khususnya mempelajari agama Islam. Tolong sampaikan salam saya kepada orang tua kalian yang ada di rumah, semoga mereka di berkahi Allah SWT dan tetap bisa membing-bing kalian meraih cita-cita, karna kami yakin pada nantinya kalianlah yang akan menggantikan posisi kami yang didepan ini, ucap Hasan Sagala.

Kedatangan H.Hasan Basri Sagala juga di sambut hangat oleh kepala kantor kementrian agama (Kakan Kemenag) kota Padangsidimpuan.

"Selamat datang kepada bapak Hasan Basri Sagala selaku tenaga ahli di bidang adminitrasi kementrian agama Republik indonesia. Sedikit informasi kepada anak-anak kami para pelajar, bapak Hasan Basri Sagala ini merupakan putra asli Sumatera Utara bertempat di labuhan batu Selatan namun ia mampu bersaing di ibukota jakarta. Tidak tertutup kemungkinan anak-anak Sidimpuan Tapanuli selatan juga punya harapan menjadi seperti beliau. Ujar Masir Rambe selaku Kakan Kemenag kota Padangsidimpuan.

Pantauan awak media di lapangan usai melakukan pengukuhan duta moderasi beragama ia beranjak ke UIN Syahada Kota Padangsidimpuan.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023