Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara meminta setiap warga untuk mengembangkan sikap toleransi dengan mengedepankan kepedulian sesama.

"Kami berpesan kepada umat Muslim, khusus sekitar Masjid Nasuha Taqwa mengembangkan sikap toleransi," ujar Asisten Pemerintah dan Sosial Setda Kota Medan Muhammad Sofyan dalam Safari Jumat di Masjid Nasuha Taqwa Medan, Jumat.

Sikap toleransi ini, lanjut dia, dengan selalu mengedepankan kepedulian maupun saling menghormati antarsesama penganut agama, khususnya di wilayah Kota Medan.

Menurutnya, setiap agama di 38 provinsi di Indonesia tentu mengajarkan setiap umatnya tentang nilai-nilai kebaikan dan sikap toleransi.

Ia mengatakan hal ini dibutuhkan, khususnya di Indonesia, karena memiliki keberagaman para penganut agama di negara dengan 17.001 pulau tersebut.

"Tentunya toleransi menjadi kunci utama untuk mewujudkan perdamaian dan kerukunan umat di tengah keberagaman," kata dia.


Pihaknya juga mengatakan kunjungan Safari Jumat yang dilaksanakan Pemkot Medan ini merupakan program rutin dengan mengunjungi masjid -masjid di Kota Medan.

Dalam Safari Jumat kali ini, Pemkot Medan menyerahkan bantuan untuk Masjid Nasuha Taqwa senilai Rp50 juta, bantuan sosial Rp10 juta, satu unit gerobak usaha, satu set alat olahraga, satu set rak, dan akte pendirian koperasi masjid.

"Program Safari Jumat ini selain memberikan bantuan untuk masjid, Pemkot Medan juga menyediakan pelayanan. Ini mempermudah warga mendapat pelayanan, baik kesehatan, perizinan maupun pelayanan adminduk," ucap Sofyan.

Ketua BKM Masjid Nasuha Taqwa Medan Rahmad Dani mengatakan saat ini Masjid Nasuha Taqwa dalam tahap pembangunan tempat wudhu, halaman parkir dan ruangan bagi marbot.

"Tentu bantuan Pemkot Medan dimanfaatkan untuk pembangunan masjid. Kami juga siap melaksanakan program masjid mandiri, sebab komitmen pengurus bukan saja mengumpulkan dana, tetapi mengeluarkan dana bagi jamaah di sekitar masjid," tuturnya.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023