Wakil Bupati Tapanuli Selatan , Rasyid Assaf Dongoran,M.Si dalam kesempatan akhir minggu sering mengunjungi desa-desa sekitar Komplek Perkantoran Pemkab Tapanuli Selatan.

ia mengatakan kadang bertemu petani dan kadang hanya melihat lihat panorama desa

Rasyid mengatakan bahwa ada 6 desa lingkar 1 atau bertetangga langsung Komplek Perkantoran Pemkab yakni Desa Janji Mauli, Desa Sialaman , Desa Kilang Papan, Desa Tolang di kecamatan Sipirok dan Desa Marisi, Desa Pargarutan Dolok di Kecamatan Angkola Timur

Ia punya pengharapan besar terhadap perbaikan sektor pertanian dan perkebunan rakyat untuk  6 desa tersebut , agar menjadi lebih baik tertata dan pertanian nya maju di masa tahun - tahun ke depan nantinya , tentu ini masih perlu pekerjaan panjang dan khusus.

Kondisi lahan yang masih banyak tidur dan lahan pertanian yang masih banyak tidak optimal berproduksi serta tidak punya nilai optimal pemandangan landscape pertanian yang teratur ,rapi, sehat indah , padahal lokasi kita tanahnya subur dan terletak di ketinggian yang udaranya sejuk, sangat cocok untuk holtikultura.

Kenapa 6 desa yang mengelilingi Kompleks Perkantoran Pemkab Tapsel seperti itu kondisi sektor pertaniannya , maka sama sama instrospeksi diri, kami pemerintah dan juga masyarakat desa.

Harapan kami , semoga pada masa tahun - tahun ke depan , pemerintah daerah khususnya dinas pertanian dan dinas ketahanan pangan serta dinas perikanan mampu melihat yang desa yang  dekat , yakni di depan mata kita bersama.

Tentunya juga,  masyarakat petani 6  desa tersebut harus melihat kehadiran pemerintah kabupaten khususnya Instansi Dinas Pertanian, Perikanan dan Dinas Ketahanan Pangan dengan konsep pemahaman  berbagi tugas , petani bukan menempatkan diri sebagai penerima bantuan (Obyek) semata, tapi kolaboratif menuju Tapanuli Selatan yang Maju alias Tapsel  Mantap  , tutur tersenyum.

Saya yakin tahun 2024 atau 2025 kedepan , perhatian pemerintah daerah kabupaten Tapanuli Selatan akan lebih khusus seperti gagasan bolehlah saya usulkan terbentuk Tim Gugus Tugas Khusus Pembinaan Pertanian terhadap 6 desa tetangga komplek  perkantoran Pemkab ini, karena 6 desa itu adalah wajah langsung kita.

Bukan berarti 200 desa lain tidak diperhatikan, ya tetap dong, semua memiliki hak yang sama mendapatkan pembangunan, namun khusus 6 desa sekitar kantor Pemkab ini menjadi wajah Pemkab tentang pertanian.

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023