Bidang Industri Energi, Minyak dan Gas Kementerian BUMN bersama PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara melakukan uji petik realisasi salah satu pembangunan listrik desa melalui dana PMN tahun 2022 di Desa Samasi, Kecamatan Gunung Sitoli Idanoi, Kepulauan Nias, Sumatera Utara.

Komitmen pemerintah untuk pemerataan pelayanan dan akses ketenagalistrikan bagi masyarakat daerah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar) khususnya di Kepulauan Nias melalui dana PMN (Penyertaan Modal Negara) terus di lakukan.

"Pemerintah melalui PT PLN bertugas melistriki seluruh pelosok desa di Indonesia," kata Koordinator Asisten Deputi Bidang Industri Energi, Minyak dan Gas Kementerian BUMN, Luizah, dalam keterangan, Sabtu.

Ia mengucapkan selamat menikmati listrik dimana dalam proses pembangunan jaringan telah menggunakan dana PMN. Menghadirkan listrik hingga ke pelosok desa menjadi tugas negara. Dengan adanya listrik diharapkan dapat meningkatkan perekonomian hingga kualitas pendidikan yang lebih baik.

"Melalui PMN pemerintah menyuntikkan modal ke BUMN untuk memperkuat modal perusahaan dan menunjukkan komitmen pemerintah terhadap efisiensi anggaran sekaligus meningkatkan biaya produksi," ucapnya.
Luizah mengharapkan PT PLN dapat memperkuat perannya sebagai penyedia kelistrikan di Indonesia.

General Manajer PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara, Awaluddin Hafid, mengatakan, Bidang Industri Energi, Minyak dan Gas Kementerian BUMN hadir di desa Samasi untuk memastikan PLN telah membangun jaringan listrik desa dengan baik. Dalam proses pembangunannya, masyarakat di desa Samasi juga turut membantu PLN sehingga proses pembangunan dapat diselesaikan tepat waktu.

"Kementerian BUMN ingin memastikan pembangunan jaringan listrik desa yang di lakukan oleh PLN UID Sumatera Utara telah terbangun dengan baik. Kami juga telah melihat konstruksi jaringan yang telah sangat baik dan sepanjang jaringan tersebut bersih dari pepohonan. Kami juga merasa senang, masyarakat di desa Samasi turut bahu membahu membantu PLN dalam proses pembangunan jaringan di desa ini," ucapnya.

Awaluddin juga menambahkan, PLN telah membangun jaringan listrik sepanjang 3.550 Kilometer sirkuit jaringan Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM), tiga unit trafo distribusi dengan kapasitas 50 kilo Volt Ampere (kVA) dan sebanyak 110 pelanggan dapat menikmati listrik PLN selama 24 jam.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023