Dinas Kominfo Kota Medan bersama puluhan wartawan unit Pemkot Medan yang melakukan kunjungan kerja ke Dinas Kominfo dan Persandian Kota Yogyakarta saling mengungkapkan program unggulan.

"Kami juga melakukan kerjasama dengan sejumlah media, baik daring maupun media cetak dalam bentuk kegiatan dan kerja sama iklan," ucap Kadis Dinas Kominfo dan Persandian Kota Yogyakarta Trihastono di Yogyakarta, Rabu (6/9).

Selain itu, pihaknya melakukan komunikasi dan kerja sama dengan para pemilik media maupun wartawan. Pemkot Yogyakarta juga menyiapkan gedung untuk wartawan dalam memudahkan kerjanya. 

Dia mengaku pihaknya juga meluangkan waktu sepekan sekali mengadakan pertemuan kepada para wartawan, dan begitu juga pertemuan dengan Wali Kota Yogyakarta.

"Jadi, rilis yang kami berikan tidak serta harus seperti itu diberikan. Bahkan, kami memberikan kesempatan mereka membuat rilis untuk ditayangkan," tambahnya. 

Trihastono memaparkan Pemkot Yogyakarta terus meningkatkan pariwisata dan kebersihan agar pengunjung merasa nyaman mengingat daerah merupakan kota jasa. 

"Kami melakukan kerja sama dengan pelaku UMKM, menyalurkan dan memasarkan produk UMKM di toko waralaba. Selain itu, membuat satu aplikasi untuk dibeli pihak pemerintah," ungkapnya. 
 
Dinas Kominfo Kota Medan bersama puluhan wartawan unit Pemkot Medan di pelataran kantor Dinas Kominfo dan Persandian Kota Yogyakarta, Rabu (6/9/2023). (ANTARA/ Said)


Pemkot Yogyakarta juga melakukan pembinaan para pedagang kaki lima di sepanjang Jalan Malioboro yang saat ini berjumlah 2.300 lebih, termasuk menjajakan dagangannya lewat berbagai ajang. 

"Apa yang dilakukan pemkot pastinya dilakukan oleh Pemkot Medan. Terlebih Pemkot Medan semakin baik sejak di tangan pak Wali Kota Medan (Bobby Nasution, red). Pembangunan di Medan semakin pesat," ungkap Trihastono.

Donny mewakili Kadis Kominfo Kota Medan Arrahman Pane sebelumnya menyebut kedatangan pihaknya bersama wartawan unit Pemkot Medan dalam kunjungan kerja yang menjadi program setiap tahun. 

Saat ini, pihaknya mengelola sebanyak 160 wartawan dengan masing-masing media yang bertugas melakukan peliputan di lingkungan Pemkot Medan. 

"Jadi kami bermaksud ingin mengetahui seperti apa kerja sama Pemkot Yogyakarta kepada wartawan yang bertugas di Pemkot Yogyakarta. Kami sendiri melakukan kerja sama kliping berita dan iklan sosialisasi," ungkapnya.

Donny juga menyampaikan sejumlah program kerja Pemkot Medan di bawah kepemimpinan Wali Kota Medan Bobby Nasution, seperti peningkatan UMKM, pemugaran Kota Lama Kesawan, dan perbaikan infrastruktur.

"Pak wali tengah saat ini tengah fokus melakukan pembinaan sejumlah UMKM. Bahkan, telah dibuat 'tagline' UMKM naik kelas," jelasnya. 

 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023