Pj. Bupati Tapanuli Tengah Elfin Elyas, menekankan perlunya optimalisasi jalur distribusi di wilayah Pantai Barat Sumatera Utara (Sumut) untuk pembangunan ekonomi dengan berbagai pola.

Ia menyampaikan, pola yang dapat dilakukan untuk jalur pendistribusian dan transportasi ke wilayah Pantai Barat yaitu, rekayasa trayek barang jasa untuk mengungkap skala ekonomi. 

"Perlunya dibangun dewan pemasaran daerah untuk para pelaku logistik dan penyedia jasa logistik yang memiliki konektivitas dengan industri.Harus adanya tim task force (gugus tugas) sehingga progres terukur dan arah kebijakan terarah denga baik, baik itu pada distribusi dan transportasi," Kata Pj. Bupati Tapteng.
pada High Level Panel Disscusion Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) yang ddi Aula Graha Nauli KPw BI Sibolga, pada  Senin (04/09) lalu.

Menurutnya, khusus untuk pengembangan Bandara Pinangsori dibutuhkan kerja sama dengan maskapai lainnya untuk penambahan jalur penerbangan trayek Jakarta langsung ke Pinangsori, dengan pola komitmen bersama untuk pemenuhan jumlah penumpang setiap hari dengan dasar potensi penumpang, cargo dan bagasi yang berasal dari Kabupaten Tapanuli Tengah, Kota Sibolga, Padangsidimpuan, Madina dan Tapanuli Selatan.

Selain itu juga, dibutuhkan pengembangan Bandara Pinangsori dalam bentuk pelapisan runway, perluasan avron, pembuatan jalan inspeksi, pembangunan halaman parkir, pembangunan terminal, dan lain-lain.

“Dengan adanya optimalisasi jalur distribusi dan transportasi ini, maka perekonomian di wilayah Pantai Barat Sumatera Utara ini akan terbangun lebih baik lagi," pungkasnya.

 

Pewarta: Tamy Arfandhi Sianturi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023