Dalam rangka HUT ke 78 TNI AL tahun 2023, Pangkalan Angkatan Laut Tanjung Balai Asahan (Lanal TBA) menggelar Program Kali Bersih atau "Prokasih" wujud dukungan kepada pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas air sungai, Selasa (5/9).

Pelaksanaan Prokasih dipusatkan di Sungai Bandar Sipoyong Jalan R.A. Kartini, Kelurahan Sijambi, Kecamatan Datuk Bandar Kota Tanjung Balai, dengan cara membersihkan sepanjang 310 Meter aliran sungai dari rumput liar dan sampah non organik mencapai kurang lebih 7 Ton. 

Danlanal TBA Letkol Laut (P) Aan Prana Tuah Sebayang mengatakan, sungai merupakan sumber daya air yang penting bagi kebutuhan hidup manusia, tetapi kualitas airnya cenderung menurun akibat meningkatnya beban pencemaran.

Oleh karena itu, kata Sebayang, perlu memantapkan keberadaan kali bersih sebagai program nasional sekaligus meningkatkan kelancaran serta pengendalian pencemaran air sungai.

"Program Kali Bersih yang kami singkat Prokasih ini bertujuan agar sungai dan airnya dapat digunakan secara layak oleh masyarakat," ujar Sebayang mengawali kegiatan.

Danlanal menambahkan, Prokasih juga sebagai langkah pencegahan dini bencana banjir dan ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia dalam rangka peringatan HUT TNI AL Ke- 78 Tahun 2023.

Sementara itu, Wali Kota Tanjung Balai H. Waris Tholib mengapresiasi kegiatan Prokasih yang di gagas Angkatan Laut Tanjung Balai Asahan.

"Atas nama masyarakat dan Pemkot Tanjung Balai, kami berterima kasih kepada Lanal TBA. Dengan adanya Prokasih ini, kami (Pemkot) akan mengawali sekaligus motivasi untuk membersihkan sungai-sungai yang tercemar di Kota Tanjung Balai," ujar Waris.

Hadir dalam kegiatan tersebut, pejabat utama di jajaran Lanal TBA, Dandim 0208/AS Letkol Inf M. Bassarewan, Kapolres Tanjung Balai diwakili Kapolsek Datuk Bandar AKP Rekman Sinaga, Kajari TBA Rufina Br. Ginting.

Kegiatan juga diikuti TNI, Polri, PSDKP Tanjung Balai Asahan, Basarnas, DPBD, Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Lingkungan Hidup, dan Pramuka Sakabahari binaan Lanal TBA serta masyarakat setempat.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023