Wali Kota Medan Bobby Nasution menyebut masjid merupakan rumah Allah SWT yang menjadi tempat memohon perlindungan dan ridha-Nya dalam menjalani kehidupan di dunia ini.
 
"Selain tempat beribadah kepada Allah SWT, fungsi mesjid juga sebagai pusat pendidikan," ucap Wali Kota Medan dalam sambutan diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Medan Muhammad Sofyan pada Safari Jumat di Medan, Jumat.

Masjid, lanjut dia, juga menjadi pusat pembelajaran, penyelesaian permasalahan umat dan pusat pemberdayaan ekonomi umat sudah berjalan sejak zaman Rasulullah SAW. 
 
Wali kota menyatakan kini menjadi tugas semua pihak untuk menghidupkan dan meningkatkan kembali peran masjid bagi kehidupan di suatu kawasan.
 
"Saat ini Pemkot Medan memiliki program yang tidak hanya memakmurkan masjid, tetapi lingkungan di sekitar mesjid yakni Masjid Mandiri," tegasnya. 
 
Wali kota juga menerangkan Pemkot Medan melalui program tersebut menginginkan pemberdayaan masjid maupun dampak positif diterima masyarakat, khususnya sekitar masjid.
 
Data Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Medan di 2022 menyebut ada 1.115 masjid dan 653 mushola sebagai pusat kegiatan keagamaan umat Islam di Ibukota Provinsi Sumatera Utara.

"Kami mendapat informasi di Masjid Salamiyah sedang melakukan perluasan masjid. Pastinya kami menyambut baik dan mendukung perluasan mesjid agar program Masjid Mandiri bisa terlaksana di masjid ini," tutur dia. 
 
Pihaknya berharap bantuan kepada Badan Kenaziran Masjid (BKM) Salamiyah bisa dikelola, khususnya mempercepat perluasan masjid sehingga umat Islam dapat beribadah lebih nyaman dan tenang.
 
Pemkot Medan menyerahkan bantuan senilai Rp50 juta bagi kemakmuran masjid, akte pendirian koperasi, dua unit gerobak usaha, satu set peralatan tenis meja dan rak buku lengkap dengan buku bacaan.
 
"Kami berharap kepada BKM Salamiyah agar dapat bersama-sama mewujudkan Kota Medan sebagai peradaban agama Islam," ungkap Sofyan. 
 
Ketua BKM Salamiyah Farid Wajedi mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan Pemkot Medan, karena saat ini masjid sedang tahap perluasan sehingga memerlukan dana.
 
"Inilah kondisi mesjid kami, saat ini sedang tahap perluasan karena mesjid tidak dapat lagi menampung jemaah terutama saat ibadah sholat tarawih maupun salat Ied," tuturnya. 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023