Perum LKBN ANTARA bekerja sama dengan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan memamerkan 70 foto objek pariwisata Sumatera Utara (Sumut) dalam pameran fotografi bertajuk "Destinasi Utara" di Medan pada 24-31 Agustus 2023.

"Kami berharap pameran ini dapat mendongkrak pariwisata Sumatera Utara," kata Kepala Perum LKBN ANTARA Biro Sumut Riza Mulyadi dalam pembukaan "Destinasi Utara", di Taman eks Medan Club, Medan, Kamis.

Riza melanjutkan, melalui pameran yang didukung oleh Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumut itu, pihaknya juga ingin memberikan wawasan kepada masyarakat tentang keragaman kekayaan pariwisata di provinsi beribu kota Medan tersebut.

Kurator pameran LKBN ANTARA Ismar Patrizki menyebut bahwa "Destinasi Utara" menampilkan foto-foto beragam potensi wisata di Sumut mulai dari alam hingga kriya.

Produk visual tersebut merupakan hasil pemotretan yang dilakukan oleh 14 pewarta foto ANTARA dan PFI.

"Beragam destinasi pariwisata dan budaya mulai dari alam, budaya, religi, olahraga, edukasi di Sumatera Utara ditampilkan dalam Pameran 'Destinasi Utara', mulai dari keindahan gunung hingga wilayah pesisir, eksotisme budaya Batak dan Nias, warna-warni kemeriahan budaya Melayu, hingga tren fesyen tenun ulos, tersaji dalam pameran ini," kata Ismar.
 


Dia menambahkan, "Destinasi Utara" sengaja dilakukan di luar ruangan (outdoor) agar dapat diakses secara bebas oleh siapa pun.

LKBN ANTARA pun merancang agar foto-foto itu tahan air dan tampak jelas ketika malam hari dengan penerangan lampu.

"Konsepnya memang ala pesta taman dengan tata cahaya. Semoga pameran ini menjadi kontribusi kami untuk siapa pun baik di Sumut maupun Indonesia," kata Ismar.

Acara pembukaan "Destinasi Utara" dihadiri oleh beberapa pejabat, perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumut serta BUMN di Medan.

Adapun "Destinasi Utara", yang dilaksanakan dalam rangka menyemarakkan peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, juga menjadi salah satu rangkaian acara "North Sumatera Community Carnival" yang digagas Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumut pada 24-26 Agustus 2023 di tempat yang sama.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: LKBN ANTARA pamerkan 70 foto pariwisata Sumut di Medan 24-31 Agustus

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023