Wali Kota Medan, Sumatera Utara, Bobby Nasution menyebut setelah pandemi COVID-19 perekonomian di Kota Medan tumbuh menjadi 4,71 persen pada 2022.

"Tentu angka ini sangat luar biasa, karena startnya bukan dari nol. Tetapi startnya dimulai dari minus," ungkap Bobby di Medan, Selasa.

Dari pertumbuhan perekonomian -1,24 persen pada 2020 ketika pandemi COVID-19, lanjut dia, kini laju pertumbuhan ekonomi di wilayah Kota Medan bergerak positif.

Tercatat tahun lalu, Pemkot Medan menurunkan angka kemiskinan dari 8,34 persen menjadi 8,07 persen, dan meningkatkan pendapatan per kapita dari Rp64,07 juta menjadi Rp70,5 juta.

Pemkot Medan juga menangani laju inflasi berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) sekitar 3,59 persen, dan memberikan kontribusi perekonomian di Sumatera Utara sebesar 29,2 persen.

"Kita mengapresiasi pemangku kepentingan karena telah membantu Pemkot Medan menyelesaikan beberapa permasalahan, sehingga perekonomian di Kota Medan meningkat," tuturnya.

Meski demikian, ia mengaku, ke depan tugas Pemkot Medan belum selesai karena masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan, yakni menjalankan roda pemerintahan.


Di antaranya menyelesaikan fasilitas infrastruktur dasar perkotaan, seperti jalan, sampah, dan drainase seharusnya dipastikan baik untuk melayani masyarakat, ternyata masih kurang.

"Seperti akses jalan masih sedikit berlubang dan becek, meski hujannya sudah lama reda. Tetapi genangan air masih ada yang berarti infrastruktur sudah mesti diperbaiki," kata dia.

Wali kota juga mengatakan Pemkot Medan tetap memperhatikan saluran drainase sesuai visi misi Pemkot Medan menjadikan Kota Medan bebas banjir.

"Pembenahan drainase kami lakukan sembari bersama Kementerian PUPR menyelesaikan permasalahan sungai yang juga menjadi penyebab banjir di Kota Medan," papar Bobby.

Ketua Persekutuan Gereja Pentakosta Indonesia (PGPI) Kota Medan Pdt Ridwan Tobing mengapresiasi kehadiran Wali Kota Medan Bobby Nasution dalam pelantikan PGPI Wilayah Kota Medan 2023-2028.

"Di periode kedua ini, saya meminta dukungan semua pihak agar mampu menjalani tugas, apalagi sebagai mitra Pemkot Medan," ucapnya.

 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023