Warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Lapas Narkotika Kelas IIA Langkat, Sumatera Utara menggelar berbagai perlombaan untuk menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tltahun 2023.

Perlombaan tersebut diikuti oleh warga binaan dari perwakilan dari masing-masing blok hunian. Tampak suporter masing-masing blok bersorak-sorai memberikan dukungan kepada para perwakilan peserta di  Lapangan Lapas Narkotika Kelas IIA, Langkat, Kamis.

"Perlombaan yang diselenggarakan adalah kegiatan rutin setiap peringatan HUT RI dan semua WBP wajib berpartisipasi," kata Kalapas Narkotika Kelas IIA Langkat, Alexander Lisman Putra.

Menurut dia, peringatan HUT Kemerdekaan RI tidak hanya dirasakan oleh masyarakat pada umumnya, tetapi  WBP Lapas Narkotika Kelas IIA Langkat juga ikut berpartisipasi merayakannya.

Meski WBP itu tengah menjalani masa hukuman, mereka diberikan ruang oleh jajaran Lapas Narkotika Kelas IIA Langkat untuk berkreasi dan memaknai kemerdekaan dengan menggelar beragam perlombaan.

"Untuk menyemarakkan HUT RI kami mengadakan berbagai perlombaan bagi WBP, baik muda maupun lansia. Adapun jenis lomba yang diselenggarakan meliputi balap karung, terompa, tarik tambang dan panjat pohon pinang" ucapnya.

Alexander menjelaskan, selain memeriahkan HUT RI, kegiatan ini juga sekaligus untuk memperingati Hari Lahir Kementerian Hukum dan HAM yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus. Di sela-sela perlombaan juga diselipkan hafalan Pancasila guna memupuk kecintaan kepada NKRI. 

"Rangkaian lomba tersebut bagian dari bentuk memeriahkan dan membangun semangat seluruh warga binaan maupun petugas dalam peringatan HUT ke-78  Kemerdekaan RI tahun ini," kata Kalapas.

Sementara itu,  Ketua Panitia HUT RI ke-78 Lapas Narkotika Langkat, Ibnu Taqwim, menjelaskan bahwa perlombaan untuk menyemarakkan kegiatan ini sudah dimulai sejak Juli 2023. 

"Berbagai perlombaan telah dilaksanakan sejak bulan lalu, baik untuk petugas maupun warga binaan. Semoga kegiatan ini menjadi sarana untuk menumbuhkan rasa kebersamaan dan menjaga kekompakan baik petugas dan warga binaan Lapas Narkotika Langkat," katanya.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023