Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Samosir di Pangururan, Samosir, dalam rangka mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kantor DPRD Kabupaten Samosir, Pangururan, Samosir, Rabu (16/8), berlangsung khidmat dan lancar.

Rapat yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Samosir Sorta Ertaty Siahaan tersebut dihadiri oleh Bupati Samosir Vandiko Gultom serta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Samosir.

Sekitar pukul 10.30 WIB, seluruh peserta rapat paripurna mendengarkan pidato kenegaraan dari Presiden Joko Widodo yang disiarkan langsung dari Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta.
 
Layar siaran langsung pidato kenegaraan Presiden RI Joko Widodo (ANTARA/Valerie)

Dalam pidatonya, Presiden Joko Widodo menyampaikan beberapa hal penting mulai dari situasi menjelang Pemilu 2024, hilirisasi sumber daya alam hingga peran Indonesia di dunia internasional.

Presiden berharap, Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia menjadi momentum untuk mengantarkan bangsa menuju Indonesia Emas 2045.
 

Setelah pidato dari Presiden selesai, Ketua DPRD Kabupaten Samosir Sorta Ertaty Siahaan pun mengutarakan sambutannya di depan hadirin. 

Sorta menegaskan bahwa pernyataan Presiden Joko Widodo harus benar-benar dicermati. 
 
Ketua DPRD Kabupaten Samosir Sorta Siahaan memberikan pernyataan kepada ANTARA usai Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Samosir dalam rangka mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kantor DPRD Kabupaten Samosir, Pangururan, Samosir, Rabu (16/8/2023). (ANTARA/Michael Siahaan)

"Kita baru saja mendengar pidato Presiden dan menyimak bersama substansi dari pernyataan beliau. Berbagai keberhasilan sudah dicapai dan harapannya, ke depan, kesuksesan terus diraih dengan tanggung jawab dari seluruh elemen," ujar dia.

Sorta pun meminta masyarakat di wilayahnya agar mengisi kemerdekaan dengan kegiatan yang bermanfaat bagi sesama dan daerah.

Menurut dia, semua elemen masyarakat di Samosir harus bersama-sama mendukung berbagai program yang dijalankan pemerintah di Samosir demi kepentingan bersama.

Salah satunya adalah untuk membangkitkan kembali perekonomian pascapandemi COVID-19.

"Mari memberikan semangat baru kepada seluruh masyarakat Samosir untuk melanjutkan pembangunan. Estafet ini penting demi mencapai tujuan bersama yakni untuk melanjutkan pembangunan di Samosir," tutur Sorta.

Kemudian, terkait semakin dekatnya tahun politik 2024 yang disebut Presiden Joko Widodo membuat situasi saat ini "hangat-hangat kuku", dia  mengajak masyarakat di wilayahnya untuk menciptakan Pemilu 2024 yang damai.
 
 
Foto Bersama Ketua DPRD Samosir Sorta Siahaan bersama Bupati Samosir Vandiko Gultom dan Forkopimda Samosir usai pelaksanaan Rapat Paripurna (ANTARA/Akung)

Sorta melanjutkan, seluruh elemen masyarakat Samosir bertanggung jawab akan jalannya Pemilu 2024 yang aman dan tenteram.

Selain itu, dia juga mengingatkan agar masyarakat bijak menggunakan media sosial.

Sorta menegaskan, mendukung salah satu calon presiden dan wakil presiden wajib disertai dengan tanggung jawab agar menjaga sikap di dunia maya.
 

Ketua DPRD Samosir ajak masyarakat ciptakan pemilu damai

 

"Media sosial ini sering menjadi tempat menyampaikan hal-hal yang tidak aman," tutur dia.
 
Bupati Samosir Vandiko Gultom memberikan pernyataan kepada ANTARA usai Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Samosir dalam rangka mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kantor DPRD Kabupaten Samosir, Pangururan, Samosir, Rabu (16/8/2023). (ANTARA/Michael Siahaan)

Sementara Bupati Samosir Vandiko Gultom mengatakan, Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 harus dilaksanakan dengan sukacita

"Masyarakat harus melaksanakan pesta demokrasi ini dengan sukacita sehingga dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik," ujar Vandiko.

Pewarta: Michael Teguh Siahaan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023