Pelaksana Tugas Bupati Langkat Syah Afandin menerima penghargaan yang disampaikan Kepala Desa Perkebunan Bukit Lawang, Kecamatan Bahorok, yang diraih dalam 75 besar Desa Wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023, di Stabat, Kamis (27/7).

Pada kesempatan itu juga dihadiri Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Nur Elli Heriani Rambe, Kabag Umum Mahardika Sastra Nasution, Kabag Humas Akbar.

Syah Afandin menyampaikan rasa bangganya atas perolehan penghargaan tersebut, dimana salah satu desa wisata di Langkat meraih penghargaan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno.

"Desa Wisata ini harus terus dikembangkan untuk itu perlu kita dorong dengan berbagai hal yang menarik lainnya pada masa yang akan datang," ujarnya.

Syah Afandin juga berharap desa-desa di berbagai kawasan wisata lainnya diharapkan kedepan untuk lebih gait lagi memajukan desanya masing-masing agar juga bisa menjadi penilaian dimasa yang akan datang.

Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Langkat Nur Elli Heriani Rambe menyampaikan keberhasilan Desa Perkebunan Bukit Lawang, Kecamatan Bahorok, menyisihkan 4.573 peserta lain dan masuk tiga terbaik desa wisata di Provinsi Sumatera Utara. 

Ia menyebut daya tarik Desa Wisata Perkebunan Bukit Lawang memiliki keunikan tersendiri, yang tidak ada di tempat lain seperti adanya Satwa ikonik yang dilindungi seperti Orangutan Sumatera, alam dan air yang sejuk, serta produk kuliner dan ekrafnya yang unik.

Beliau juga menyampaikan dikawasan itu berbagai produk kuliner juga bisa ditemukan seperti kuliner khas Umbut, Ingkung, Cimpa, Magic drink, Teh Telang, seni kriya Bambu, lidi sawit, dan ukiran Orangutan. 


 

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023