Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Langkat, Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara melaksanakan peringatan Tahun Baru Islam 1445 H.

Kegiatan itu dihadiri oleh Kalapas Narkotika Klas IIA Langkat, Alexander Lisman Putra, Pejabat Struktural, staff, penceramah Ustadz Ibnu Hajar dan seluruh warga binaan beragama  Islam. Diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran dan Saritilawah oleh warga binaan pemasyarakatan (WBP), Saiful Nasution dan Azuardi.

"Kegiatan ini adalah moment bagi para warga binaan sebagai muhasabah diri untuk selalu dekat dengan sang pencipta," kata Kalapas Narkotika Langkat, Alexander Lisman Putra, dalam keterangan diterima, Rabu, (26/07).

Alexander juga mengingatkan pembinaan kerohanian tidak lain untuk membentuk WBP agar memperbaiki diri dan tidak mengulangi tindak pidana, sehingga jika sudah mendapatkan putusan bebas dapat diterima kembali oleh masyarakat.

Sementara, Al- Ustadz Ibnu Hajar, dalam ceramahnya menjabarkan mengenai cara meningkatkan keimaman, ketakwaan, lalu memberi gambaran ujian hidup yang dahulu dijalani oleh para nabi serta mengingatkan bahwa bulan Muharram merupakan momentum bagi semua orang untuk hijrah menuju pribadi merdeka.

Kasi Binadik, Ibnu Taqwim mengungkapkan kegiatan ini sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT, karena dapat melalui tahun 1444 H dengan lancar tanpa ada hambatan apapun. 

Ibnu menyebutkan perlombaan dapat terlaksana dan selesai tepat waktu, berlangsung aman dan baik. 

"Selain itu, kegiatan juga disertai dengan pengumuman pemenang dan pemberian hadiah kepada warga binaan yang telah mengikuti rangkaian perlombaan menyambut Tahun Baru Islam 1445 H," kata Ibnu.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023