National Paralympic Committe (NPC) Sumatera Utara menyiapkan 13 atlet atletik guna menghadapi Pekan Paralympik Pelajar Nasional (Peparpenas) di Palembang, Sumatera Selatan, 29 Juli - 4 Agustus 2023.

Pelatih atletik NPC Sumut, Krisna Hadi Syahputra, di Medan, Kamis, mengatakan, atlet yang disiapkan menuju Peparpenas 2023 itu merupakan hasil seleksi pada Pekan Paralympik Pelajar Daerah Provinsi Sumatera Utara (Peparprovsu) yang digelar Mei 2023. 

"Mereka merupakan hasil dari seleksi Peparprov Sumut kemarin. Mereka berasal dari berbagai daerah di Sumut, seperti Medan, Deliserdang, Asahan, dan Tapanuli Utara. Ke-13 atlet itu rinciannya 10 atlet akan tampil di lintasan dan tiga di nomor lempar," katanya.

Sejak menjalani TC panuh pada 8 Juli 2023 lalu, atlet diinapkan di Hotel Alam, Jalan AR Hakim Medan. Mereka menjalani latihan 12 sesi dalam seminggu di Lintasan Atletik Unimed dan fitnes NPC Sumut. Selain kecepatan dan teknik, atlet juga diasah fisik atlet melalui latihan di fitnes center NPC Sumut.
"Atlet atletik Sumut sudah siap tampil di Peparpenas 2023. Atletik Sumut mengusung target melebihi raihan di Peparpenas 2019. Saat itu, atletik Sumut meraih 2 emas, 9 perak, dan 4 perunggu. Kita ingin memberikan yang terbaik dari Sumut," katanya.

Krisna memprediksi persaingan di Peparpenas 2023 bakal berjalan sengit. Meski begitu, Sumut dinilai memiliki peluang besar meraih medali emas dari nomor lari 100 meter, 200 meter, 400 meter, 800 meter, balap kursi roda, lompat jauh, dan tolak peluru.

"Kita memiliki peluang besar di nomor-nomor itu. Meski begitu, semua atlet berkesempatan memperoleh medali. Hanya saja dikarenakan event yang mundur terlalu jauh, kita tidak dapat memprediksi kekuatan  provinsi lain dan patokan adalah hasil 2019," ungkapnya.

Ke-13 atlet atletik Sumut yang dipersiapkan ke Peparpenas 2023 adalah Angga Prabudi, Rendy Arif Pratama, Rezeky Michella Siburian, Hasby Saputra Elihakim Barus, Rohani Silitonga, dan Ahmad Ramadhani. Kemudian Putra Ervi Satria, Calvin Rogabe Simbolon, Netty Junita Lase, Yoga Pratama, Jasinta Risdawanti Sitohang, dan Sayed Sirajuddin Shihab.
 

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023