Sebanyak 100 orang pelaku UMKM di Kota Tanjung Balai mengikuti pelatihan pemasaran digital dasar, kerja sama Pemkot Tanjung Balai bekerja sama dengan Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Medan Kementerian Komunikasi dan Informasi RI, Selasa (4/7).

Pelatihan pemasaran berbasis digital yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelaku UMKM agar mampu menghadapi persaingan ekonomi itu dibuka secara Resmi Wali Kota Tanjung Balai, H.Waris Tholib, bertempat di Aula Sutrisno Hadi, Balai Kota setempat.

Dalam sambutannya, Wali Kota H.Waris Tholib menyatakan menyambut baik pelatihan pemasaran digital, karena sebagai salah satu upaya mewujudkan kota cerdas dan untuk mendorong kemudahan penyelenggaraan pelayanan publik.

Untuk itu diperlukan adanya kerja sama strategis dan sinergi di semua sektor, yang di dukung dengan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang handal dalam berbagai layanan perkotaan
sesuai Perpres Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

Wali Kota melanjutkan, kemajuan teknologi telah menempatkan informasi sebagai salah satu sumber daya yang sangat penting dan perlu dikelola secara baik dan benar, dimana sekarang ini hampir semua orang sudah mempunyai telepon cerdas (Smart Phone).
 

"Dunia berada dalam genggaman, semua informasi dapat diperoleh dari handphone kapan saja dan dimana saja. Kepala pelaku UMKM peserta pelatihan hendaknya memanfaatkan kesempatan ini," kata Waris Tholib.

Sebelumnya, Plt Kepala BBPSDM dan Penelitian Kominfo Medan, Yusrizal menyatakan Pemerintah berupaya menyiapkan UMKM agar mampu memanfaatkan teknologi digital dan masuk ke dalam bisnis digital untuk mendorong pelaksanaan Digital Entreprenuership Academy (DEA).

Menurutnya, saat ini masyarakat sudah memasuki era digital yang semakin canggih sehingga diperlukan juga peningkatan kualitas pemasaran digital di kalangan UMKM, termasuk di Kota Tanjung Balai. 

"Melalui pelatihan ini Pemerintah ingin meningkatkan kualitas pelaku UMKM mampu menghadapi persaingan ekonomi dan berbagai tantangan di era digital," kata Yusrizal.

Sesuai catatan, pelatihan berbasis DEA dengan tema pemasaran digital dasar bagi pelaku UMKM di Kota Tanjung Balai dilaksanakan dua hari (4-5 Juli 2023).

Hadir dalam kesempatan acara pembukaan, Asisten Ekbansos Pemkot Tanjung Balai, Susanto, Kadis 
Kominfo, Andrinuka Saptana dan Kadis Koperasi dan UMKM, Agus Salim Lubis.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023