Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi melepas keberangkatan kontingen Provinsi Sumut untuk mengikuti Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) VII di Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Jabar), pada 2-9 Juli.

Gubernur Edy Rahmayadi di Medan, Minggu menyampaikan harapan kepada para atlet agar terus semangat, menjaga sportivitas, nama baik, dan tidak pantang menyerah untuk meraih prestasi.

"Saudara-saudaraku, selamat jalan, selamat bertanding, jangan pernah kau menyerah, pastikan kau bisa, hingga kau tidak pernah gagal, perkara kau mendapat medali atau tidak itu urusan nanti, tapi jangan coba-coba kau menyerah," katanya.

Selain itu, Edy Rahmayadi juga mengatakan FORNAS tidak hanya sekadar menghadirkan masyarakat yang berfisik bugar dan bermental juara, namun bagaimana menumbuhkan semangat gemar berolahraga di kalangan masyarakat. Karena selain bermanfaat untuk kesehatan fisik, olahraga juga diketahui dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang.

Untuk itu, Edy Rahmayadi berharap KORMI Sumut bisa melahirkan bibit-bibit dan penggiat olahraga dari berbagai pelosok desa di Sumut.
 


Edy Rahmayadi juga mengatakan Pemprov Sumut terus mendorong kemajuan pembangunan olahraga, salah satunya melalui dukungan anggaran untuk memajukan prestasi olahraga, namun dengan keterbatasan anggaran tidak semua bisa dipenuhi.

Saat memberi sambutan, Gubernur yang memiliki latar belakang militer ini juga menunjukkan video yang menggambarkan secara visual kondisi masyarakat Indonesia yang masih banyak membutuhkan peningkatan gizi.

Edy juga menampilkan video perjuangan tentara Indonesia saat berlatih dan akan dikirim berperang. Video yang diiringi dengan lagu hymne Kostrad itu cukup memantik semangat para pegiat olahraga untuk menunjukkan penampilan terbaiknya.

Sementara, Ketua Umum KORMI Sumut Baharuddin Siagian menjelaskan kontingen Sumut berkekuatan 377 orang yang terdiri dari 326 pegiat olahraga dan 51 ofisial yang akan mengikuti 32 Inorga (Induk Organisasi Olahraga).

Dari seluruh pegiat yang dikirim, keberangkatan 167 orang dibiayai KORMI Sumut, 64 orang ditanggung KORMI kabupaten/kota, dan 146 menggunakan biaya mandiri.

“Inilah salutnya dengan pegiat olahraga masyarakat, mereka mau mengeluarkan biaya sendiri demi bisa tampil di FORNAS VII,” ungkap Baharuddin.

Terkait target, lanjut Baharuddin, Sumut berharap meraih posisi minimal 10 besar dengan pertimbangan jumlah pegiat olahraga yang dikirim.

"Pada 2022 di Palembang kita berada di posisi 12 besar, kenapa 12 besar karena memang tahun lalu KORMI baru mulai terkoordinir di tingkat provinsi. Tahun ini di Bandung mudah-mudahan dengan kekuatan 326 penggiat olahraga bisa menorehkan prestasi terbaik untuk Sumut, minimal di posisi 10 besar karena provinsi lain ada yang mengirim 500 hingga 700 atlet, kita ambil posisi tengah saja," sebut Baharuddin yang juga menjabat Kadispora Sumut ini.

Wakil Ketua Harian PON wilayah Sumut itu juga menyampaikan, FORNAS VII juga dirangkai dengan sosialisasi Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-21 Aceh-Sumut.

“Kami akan membuka anjungan di lokasi utama FORNAS VII. Di anjungan tersebut akan diputar video yang memperkenalkan persiapan Sumatera Utara sebagai tuan rumah PON XXI 2024,” jelas Baharuddin.

Pewarta: Juraidi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023