Pejudo asal Kota Medan dan Deliserdang mendominasi seleksi daerah atlet pelajar Sumatera Utara untuk cabang olahraga judo dan akan disiapkan menghadapi Pekan Olahraga Pelajar (Popnas) XVI September 2023 di Sumatera Selatan.

"Ada enam pejudo terpilih setelah menjadi juara pada masing-masing kelas. Seleksi kita gelar di Padepokan Judo PJSI Sumut," kata Ketua Umum Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) M Arief Fadhillah di Medan, Kamis.

Untuk kategori putra seluruhnya diraih atlet asal Kota Medan, atas nama Jonatan Panggabean (kelas -55 kg putra), Renaldi Parhusip (-60 kg putra), Ahmadinejad (-81 kg putra) dan Daffin Prayoga (-90 kg putra). Sementara kategori putri diraih atlet asal Deliserdang, yakni Adelia Sari (- 45 kg) dan Jihan Syakila (-48 kg).

Ia mengatakan, seleksi yang digelar selama dua hari 14-15 Juni 2023 tersebut diikuti 29 pejodo dari berbagai daerah, seperti Medan, Deliserdang, Humbang Hasundutan dan Tapanuli Utara.

"Atlet-atlet yang juara selanjutnya kita usulkan ke Dispora Sumut. Pada umumnya ya para juara ini yang dipilih," katanya.
 

Menurut Arief, seleksi atlet pelajar ini menjadi salah satu bukti pembinaan atlet junior cukup baik. Ada banyak potensi atlet judo dari daerah-daerah, tak hanya berpaku pada Medan saja.

"Pembinaan atlet luar biasa. Kami apresiasi daerah-daerah yang punya semangat membina dan mengirim atletnya ikut seleksi ini. Atlet Medan tentu potensial karena fasilitas lengkap. Selain itu Dairi bagus. Atlet Humbahas dan Taput juga sudah muncul," sambungnya.

Pihaknya pun optimistis, atlet pelajar PJSI Sumut bisa meraih medali emas pada Popnas tahun ini.

"Semoga setelah ini, ada TC dua bulan bisa berbuah emas Popnas 2023. Kita punya 2 sampai 3 atlet terbaik. Ada Jihan yang jadi pejudo terbaik (emas) di Jakarta 2022 dan perak Kejurwil. Dari mereka tentu kita berharap target emas bisa dicapai," katanya.

Adapun pada Popnas tahun 2023, Sumut mendapatkan kuota 90 atlet dari 12 cabang olahraga. Selain judo, cabor lain juga menggelar seleksi tahap pertama ini. Di antaranya, atletik, pencak silat, angkat besi, panjat tebing, senam, tenis lapangan, dan Wushu.

Pelaksanaan seleksi tahap pertama tersebut berlangsung mulai 14 - 15 Juni, sedangkan khusus cabor wushu seleksi dilakukan melalui kejuaraan yang berlangsung di Siborong-borong (Taput) mulai 14 -19 Juni 2023.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023