Bandara Internasional Kualanamu Kabupaten Deliserdang melayani kloter pertama penerbangan calon haji asal Madina, Sumatera Utara, Rabu (25/5).

Head of Corporate Secretary and Legal PT Angkasa Pura Aviasi Dedi Al Subur mengatakan, calon haji asal Madina itu terbang dengan maskapai Garuda Indonesia bernomor penerbangan GIA 3101.

Calon haji sebelumnya sudah melakukan berbagai pemeriksaan seperti x ray barang bawaan dan kesehatan.

Begitu juga pemeriksaan stempel paspor di Asrama Haji, sehingga memudahkan dan menghemat waktu serta tenaga calon untuk langsung melakukan perjalanan dengan pesawat udara menuju tanah suci.

"Seluruh fasilitas pelayanan dan operasional dipastikan baik untuk melayani penerbangan haji. Koordinasi erat juga dilakukan di antara seluruh pemangku kepentingan yang bertugas," terang Dedi, Rabu (24/5).
 
Ia menyebutkan, Bandara Kualanamu selain melayani keberangkatan juga melayani penerbangan teknis angkutan haji untuk pengisian bahan bakar dari maskapai Garuda Indonesia dan Maskapai Saudi Arabia.
 

"Kami optimistis penerbangan haji tahun 2023 dapat berjalan dengan baik dan lancar dari Bandara Kualanamu," sebutnya.

Sebanyaka 359 calon haji kloter pertama asal Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara berangkat menuju Madina.

Ratusan haji itu dilepas keberangkatanya oleh Staf Ahli Menteri Agama RI Hasan Basri Sagala di Asrama Haji Medan.

Pewarta: Rahmat Hidayat

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023