Kepala Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan Medan Benny Nasution mengatakan, sampai Kamis (18/5) malam, omzet pameran Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) di Medan, yang digelar sebagai bagian HUT ke-43 Dekranas, mencapai Rp1,14 miliar.

"Itu total dari penjualan kriya dan makanan," ujar Benny kepada ANTARA di Medan, Jumat.

Menurut dia, omzet tersebut sesuai dengan yang diharapkan oleh Pemerintah Kota Medan.

Benny menyebut, Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan Medan menargetkan meraup omzet Rp3 miliar pada pameran Dekranas di Lapangan Benteng, Medan, yang berlangsung pada 16-21 Mei 2023 itu.
 


"Kami pernah membuat acara sejenis selama dua minggu dan mampu mendapatkan omzet Rp2,2 miliar. Khusus kali ini, kalau bisa kami mendapatkan Rp3 miliar dalam seminggu," tutur dia.

Salah satu faktor yang dinilai Benny memberikan pengaruh besar terhadap ramai dan lakunya produk-produk UMKM di pameran HUT ke-43 Dekranas adalah kedatangan Ibu Negara Iriana Joko Widodo, yang sekaligus Pembina Dekranas.

Iriana hadir pada acara puncak HUT ke-43 Dekranas di Medan dan setelahnya mengunjungi pameran di Lapangan Benteng.

Bukan cuma Iriana, istri Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Wury Ma'ruf Amin yang juga Ketua Umum Dekranas juga datang, begitu pula istri-istri para menteri Kabinet Indonrsia Maju.

"Masyarakat dan pelaku UMKM antusias sekali dengan kunjungan Ibu Negara, ibu istri Wakil Presiden dan para anggota OASE (Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju-red)," kata Benny.
 

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023