Pelaksanaan manasik haji bagi Jamaah Calon Haji (JCH) asal Padang Sidempuan Utara, Kota Padang Sidempuan untuk musim haji Tahun 2023 yang dilaksanakan di MtSN 1 kota itu berakhir, Kamis (19/5).

Selain teori, manasik haji ini disertai praktik pelaksanaan haji yang di pandu Ketua MUI Padang Sidempuan H.Zulfan Efendi Hasibuan bersama Kepala KUA Padang Sidempuan Utara H Asroi Hasibuan MA.

Praktik pelaksanaan haji seperti mulai ber ihrom, wukuf ke Arafah, mabit di Musdalifah dan lempar jumrah di Mina kemudian tahalul awal hingga kembali tawaf ifadah mengelilingi Kabbah di Masjil Haram kemudian sai, dan lainnya.

Kakan Kemenag yang diwakili Kasubbag TU Kemenag Padang Sidempuan Nikmad Harahap, dalam sambutan selanjutnya menutup kegiatan manasik berharap manasik haji ini nantinya dapat di implementasikan dengan baik. Mulai dari rukun, wajib hingga sunat bisa terlaksana.

"Semoga seluruh tuntunan haji dalam manasik ini dapat lebih meningkatkan kualitas pelaksanaan ibadah haji khusus JCH Padang Sidempuan Utara nantinya ketika sudah berada di Tanah Suci Makkah pun Madinah," harapnya.

Sebelumnya Camat Kecamatan Padang Sidempuan Utara mewakili Wali Kota Nanda Alfina, memberikan apresiasi kepada pihak Kemenag (KUA) Padang Sidempuan Utara yang telah menyelenggarakan manasik haji.

"Semoga dengan manasik ini seluruh ibadah JCH Padang Sidempuan Utara lebih meningkat dan lebih bersinar lagi," kata Camat seraya mengajak JCH agar tetap menjaga kesehatan dengan baik.

Senada sampaikan Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Padang Sidempuan, H Martua Raja Harahap, dalam sambutannya juga tidak lupa mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan manasik haji tersebut.

"Semoga dengan adanya manasik haji ini, pemahaman seluruh JCH mulai tuntunan rukun, wajib, dan sunat selama di Tanah Suci Makkah bisa terlaksana baik, dengan harapan menjadi Haji yang mabrur dan mabrurah," ucap Martua Raja.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023