National Paralympic Committee (NPC) Sumatera Utara membidik prestasi maksimal sebagai juara umum pada Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2024 dan untuk itu berbagai persiapan jauh-jauh hari dilakukan, termasuk dengan menyiapkan atlet muda potensial.

Ketua National Paralympic Committee (NPC) Sumatera Utara, Alan Sastra Ginting di Medan, Kamis, mengatakan, potensi untuk bisa meraih prestasi maksimal di Peparnas 2024 tersebut sangat besar, mengingat Sumut memiliki banyak atlet disabilitas potensial.

Untuk memaksimalkan apa yang menjadi target tersebut, NPC Sumut menggelar Pekan Paralimpik Provinsi (Peparprov) di Medan, 10-14 Mei 2023 yang diikuti 438 atlet disabilitas dari 16 kabupaten dan kota yakni Kota Medan, Deli Serdang, Binjai, Langkat, Serdang Bedagai, Karo, Tebing Tinggi, Asahan, Samosir, Padang Sidempuan, Mandailing Natal, Batubara, Dairi, Tapanuli Selatan, Tapanuli Utara dan Tanjung balai.

Baca juga: NPC Sumut jaring atlet potensial melalui Peparprov

Ke-438 atlet disabilitas tersebut akan bersaing menjadi terbaik pada sejumlah cabang olahraga yang dipertandingkan, di antaranya boccia, atletik, taekwondo, tenis meja, catur, panahan, angkat berat, badminton, tenis meja, renang
Dari Peparprov tersebut nantinya diharapkan muncul atlet disabilitas potensial, khususnya atlet muda yang selanjutnya nanti akan dibina secara intensif untuk dipersiapkan menghadapi Peparnas 2024.

"Pastinya peparprov ini adalah salah satu untuk persiapan menuju Peparnas 2024. Kita harapkan nantinya bisa terseleksi 100 atau 200 atlet, sehingga paling tidak nantinya ada 300-an atlet yang bisa kita siapkan untuk Peparnas 2024," katanya.

Berkaca dari sejumlah Peparnas yang lalu-lalu, lanjut dia, NPC Sumut rata-rata berkekuatan kurang dari 100 atlet, namun dengan jumlah atlet tersebut, NPC Sumut mampu bersaing dan masuk 10 besar dari sejumlah provinsi.

Terakhir di Peparnas tahun 2021 di Papua, kontingen Sumatera Utara yang berkeuatan 55 atlet bisa masuk posisi lima besar dengan raihan 27 emas.

"Saat ini ada 20 atlet NPC Sumut yang di Pelatnas untuk memperkuat Indonesia di ASEAN Para Games Kamboja. Kami tentunya berharap dengan 20 atlet Pelatnas ditambah nantinya dari hasil seleksi Peparprov ini, akan menjadi modal untuk bisa berbuat banyak di Peparnas 2024," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023