Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mandailing Natal berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2022.

Opini WTP yang diraih Pemkab Madina ini di masa kepemimpinan Bupati HM Ja'far Sukhairi Nasution, bahkan merupakan yang pertama kalinya sejak kabupaten itu berdiri.

LHP BPK atas LKPD Madina itu disampaikan langsung oleh Kepala BPK Perwakilan Sumatera Utara Eydu Oktain Panjaitan di auditorium BPK Perwakilan Sumatera Utara, Kota Medan pada Selasa (9/5) malam.

Bupati HM Ja'far Sukhairi Nasution yang menerima secara langsung LHP atas LKPD Kabupaten Madina tahun anggaran 2022 itu mengatakan, raihan predikat terbaik dalam penilaian laporan keuangan pemerintah itu sebagai wujud kerja keras dari semua pihak terkait.

"Ini sebuah momen yang nggak biasa," sebutnya.

Tagline Madina bersyukur dan berbenah, kata Sukhairi, bukan sekadar tagline. Namun, terus berbenah meskipun banyak tantangan dan dukungan dari berbagai pihak. 

"Alhamdulillah kami bisa laksanakan dengan baik," kata Sukhairi dengan suara bergetar menahan tangis haru atas pencapaian itu.

Sukhairi menyebut, pencapaian prestasi itu berkat kerja keras semua pihak terkait untuk melakukan pembenahan. 

Atas raihan prestasi gemilang tersebut, Bupati berharap Madina dapat mempertahankan opini WTP itu dengan dukungan masyarakat. 

"Terima Kasih kepada seluruh lapisan masyarakat yang selalu mendukung dan mendoakan Madina untuk mendapat capaian ini," kata Sukhairi.

Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh Wakil Bupati Atika Azmi Utammi Nasution dan Sekda Madina Alamulhaq Daulay.

Sementara itu, Ketua DPRD Madina Erwin Efendi Lubis menyampaikan meski ada beberapa catatan, dia bersama Bupati Madina akan menginstruksikan jajaran untuk melakukan perbaikan. 

Erwin mengatakan capaian opini WTP itu menjadi oleh-oleh bagi masyarakat Madina. 

"Di bawah komando Bupati dan Wakil Bupati Madina, kita melakukan perubahan," kata ketua Partai Gerindra Madina itu.

Kepala Perwakilan BPK Sumut Eydu Oktain Panjaitan mengapresiasi pencapaian opini WTP Pemkab Madina, terutama DPRD Madina, dalam mempertanggungjawabkan penggunaan keuangan negara.
 
“Semoga dapat lebih baik lagi. Kami inginkan bukan hanya meningkatkan opini WTP, tetapi bagaimana meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kami beserta jajaran mengucapkan selamat,” katanya.

Pewarta: Holik

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023