BPJS Kesehatan Cabang Kota Sibolga hadir memberikan pelayanan kepada peserta dalam bentuk Mobile Customer Services (MCS), sebagai bentuk dukungan kegiatan MTQ Ke-50 Kota Sibolga.

Perhelatan Akbar ini menjadi suatu kesempatan yang tidak ingin dilewatkan mengingat salah satu sasaran kegiatan MCS adalah “Arround City” yaitu berada di pusat kota dan di tengah-tengah keramaian, pada Jumat (05/05), di Lapangan Simare-mare Kota Sibolga.

Melalui pesan pers rilis, Pejabat Pengganti Sementara (pps) Kepala Cabang BPJS Kota Sibolga Elvina Syaprafani Batubara, Selasa (09/05) menyampaikan, BPJS Kesehatan Cabang Sibolga terus berupaya dalam memperluas jangkauan layanan Program JKN salah satunya melalui kegiatan BPJS Keliling (Mobile Customer Services-red).

Mobile Customer Service yang  disingkat MCS merupakan Kanal Layanan Tatap Muka dengan menggunakan kendaraan roda empat dilengkapi dengan infrastruktur pendukung operasional layanan peserta yang mengusung konsep “jemput bola”. Selain itu, MCS juga menjadi media promosi dan corporate branding kepada masyarakat luas.

"Dimomen MTQ Ke-50 Kota Sibolga BPJS Kesehatan hadir memberikan pelayanan kepada peserta dalam bentuk Mobile Customer Services (MCS) yang senantiasa berupaya memberikan kemudahan bagi peserta  yang ingin mendapatkan pelayanan kepesertaan," ujarnya.

Lanjutnya, terkadang ada masyarakat sekedar ingin tahu informasi seputar JKN mungkin sungkan datang ke kantor, maka disinilah fungsi program ini. Jadi program JKN semakin dekat dengan masyarakat.

"Karena sifatnya mobile, maka hanya beberapa aktifitas pelayanan saja yang dapat kita lakukan seperti adminsitrasi kepesertaan, pemberian informasi dan penanganan pengaduan langsung JKN serta pengecekan iuran," ungkapnya.

Selain itu, Kepala Cabang Sibolga Elvina Syaprafani Batubara juga mengatakan, kehadiran MCS pada Kegiatan MTQ,  berhasil menarik perhatian masyarakat yang hadir, hal tersebut telihat dari antusias masyarakat yang mendatangi petugas MCS untuk mendapat pelayanan ataupun sekedar bertanya terkait informasi JKN.

"Kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk dukungan atas capaian UHC Kota Sibolga yang sejak Januari 2018 hingga saat ini mampu dipertahankan. Sebagai informasi bahwa kepesertaan JKN Kota Sibolga sampai dengan Februari 2023 sebesar 95,51% dibandingkan dengan jumlah penduduk Kota Sibolga sampai dengan Semester I Tahun 2022," ungkapnya.

Di kesempatan tersebut, Raffles Nasution (38), salah seorang panitia penyelenggara kegiatan turut mengunjungi lokasi kegiatan MCS mengatakan, Kunjungan ini untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai JKN. 

"Sebagai panitia saya mengucapkan terimakasih atas partisipasi BPJS Kesehatan dalam memeriahkan Kegiatan MTQ Ke-50 Kota Sibolga Tahun 2023 tersebut," katanya

Masih katanya, pada saat menjabat disalah satu daerah, dirinya  sering berkoordinasi dengan pihak BPJS Kesehatan melalui kegiatan MCS ini. Saat itu MCS ini rutin setiap minggunya ‘mangkal’ di daerah tersebut.

"Jadi untuk membantu pengurusan layanan JKN warga, saya langsung bertanya pada petugas MCS ini. Urusan jadi gampang dan cepat terselesaikan. Warga tidak perlu pusing-pusing memikirkan harus ke kantor BPJS Kesehatan terdekat, karena ada keterbatasan jarak dan waktu, karena untuk urusan kesehatan ini tentunya kita ingin yang cepat dan tepat solusinya," ucapnya.

Di loksi yang sama, seorang peserta BPJS bermargakan Koto saat dihampiri mengatakan, pelayanan yang dia dapatkan sangat baik.
 
"Pengalaman saya menggunakan BPJS Kesehatan ini sangat baik, tiga-tiganya proses kelahiran anak saya menggunakan BPJS. MCS ini juga harus dipertahankan, agar dapat menjangkau seluruh warga yang tidak sempat datang ke kantor namun butuh mendapatkan informasi dan solusi cepat. Seperti saya tadinya ingin ke kantor BPJS Kesehatan, syukurnya ada MCS di sini," pungkasnya.

Pewarta: Tamy

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023