Personel TNI-Polri beserta pemangku kepentingan lainnya bersinergi untuk menjaga pengamanan saat mudik dan arus balik pada Hari Raya Idul Fitri 1444 H/2023 di wilayah hukum Polres Toba, Sumatera Utara.

Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb di Belige, Minggu, mengatakan pihaknya selalu menekankan agar personel Polri yang bertugas di lapangan bersama-sama dengan TNI dalam melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab.

"Selain itu, diniatkan ikhlas beribadah untuk membantu masyarakat yang sedang mudik ataupun saat arus balik Lebaran ini agar terasa nyaman dan aman," ujarnya.

Taufiq mengatakan pos pengamanan Operasi Ketupat Toba 2023 juga turut terlibat aparat TNI bersama pemangku kepentingan lainnya dalam melakukan pemantauan untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) agar tercipta suasana aman, nyaman bagi pemudik yang melakukan perjalanan arus balik saat ini.

Menurut dia, dengan mewujudkan sinergitas TNI-Polri serta elemen masyarakat lain agar dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan, sehingga keamanan dan kenyamanan pemudik ataupun arus balik Lebaran saat ini benar-benar dapat terwujud.
Ia juga menghimbau masyarakat terutama pemudik yang akan melakukan perjalanan selama arus balik Lebaran ini agar dapat memanfaatkan pos pengamanan ataupun pos pelayanan yang ada di setiap titik di wilayah Kabupaten Toba.

"Pengamanan sekaligus wujud kepedulian bagi warga masyarakat pasca Lebaran untuk memberikan kondisi aman serta nyaman," kata Kapolres Toba.

Pemantauan di lapangan, suasana keakraban terjadi antara Kapolsek Porsea AKP Daniel Aritonang didampingi Kanit Reskrim Polsek Porsea Ipda T Simangunsong dan Koramil 13/Porsea melakukan silaturahim dengan duduk bersama sambil menikmati secangkir kopi di sela sela kegiatan pengamanan Lebaran.

Kerja sama antara TNI dan Polri serta instansi lainnya, kata dia, dilakukan dalam pengamanan lalu lintas dan pemeliharaan kamtibmas bagi masyarakat yang melaksanakan liburan dan arus balik Lebaran.

Sejumlah personel Polsek Porsea, Koramil 13/Porsea melakukan penjagaan pos pengamanan Lebaran Idul Fitri 1444 H tahun 2023 di Jalan Sisingamangaraja Kota Porsea.

"Keamanan dan ketertiban berkendaraan adalah harapan setiap orang yang melakukan kegiatan mudik Lebaran 2023," ujarnya.
 

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023