KNPI Kota Sibolga tutup pendaftaran bacalon ketua DPD KNPI Kota Sibolga. Imam Feisal menjadi satu-satunya bakal calon (Bacalon) ketua yang mendaftar hingga hari terakhir.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Streering Commitee (SC), Micheal Simorangkir didampingi Ketua Organizing Committe (OC) Jefrianto saat ditemui di sekretariat DPD KNPI Sibolga, Jalan Raja Junjungan Lubis, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sibolga Kota, Jumat malam (28/04) mengatakan.

Sebelum Musda XV KNPI Sumatera Utara (Sumut) digelar pada bulan Mei 2023 mendatang, terlebih dahulu Panitia Musda Pemuda/KNPI ke XV Tahun 2023 Kota Sibolga buka pendaftaran Bakal Calon (Balon) ketua DPD KNPI Kota Sibolga yang dimulai pada tanggal 5 April sampai dengan 28 April 2023

"Sampai hari ini,  masih satu Bacalon Ketua DPD KNPI Sibolga yang mendaftarkan diri, yakni saudara Imam Feisal," katanya.

Menurutnya, sebelum pendaftaran Bacalon Ketua DPD KNPI Sibolga dibuka, terlebih dulu dilakukan registrasi DPK KNPI di empat kecamatan, kemudian dilanjut registrasi OKP/OKI se Kota Sibolga. Seperti Komcab HMI Sibolga-Tapteng, PD Pemuda Muhammadiyah Sibolga, PD KAMMI Sibolga-Tapteng, DPD BKPRMI Sibolga, dan OKP lokal Sibolga Communiti (SC).
"Salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh bakal calon adalah, mendapat rekomendasi atau dukungan dari 2 DPK KNPI dan 7 OKP/OKI,” ujarnya.

Lanjutnya, ketika mendaftar, Imam Feisal menyerahkan berkas dukungan dari DPK KNPI se Kota Sibolga dan 8 organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) di antaranya, PC GP Ansor, DPC GAMKI, PD Angkatan Putri Al-Washliyah (APA).

Kemudian, Komcab HMI Sibolga-Tapteng, PD Pemuda Muhammadiyah Sibolga, PD KAMMI Sibolga-Tapteng, DPD BKPRMI Sibolga, dan OKP lokal Sibolga Communiti (SC).

“Salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh bakal calon adalah, mendapat rekomendasi atau dukungan dari 2 DPK KNPI dan 7 OKP/OKI,” katanya.

Menurut Michael, sebelum pendaftaran Bacalon Ketua DPD KNPI Sibolga dibuka, terlebih dulu dilakukan registrasi DPK KNPI di empat kecamatan, kemudian dilanjut registrasi OKP/OKI se Kota Sibolga.
“Jadwalnya, pada 8-14 April 2023. Tujuannya, untuk memverifikasi dan memvalidasi data OKP/OKI yang aktif menjelang pelaksanaan Musda DPD KNPI Sibolga. Tetapi, sampai batas waktu tersebut, OKP yang mendaftar masih minim, hanya 7 OKP yang mendaftar dan membawa dokumen kepengurusan. Akhirnya diperpanjang hingga 28 April 2023.

“Hasilnya, tercatat 20 OKP yang melakukan registrasi, bersamaan dengan 4 DPK KNPI yang telah definitif,” katanya.

Ketua Organizing Committe (OC), Jefrianto menambahkan, setelah proses verifikasi berkas pendaftaran Bacalon Ketua DPD KNPI Sibolga, tahapan selanjutnya adalah pelaksanaan musyawarah daerah (Musda). 

Sesuai instruksi DPD KNPI Sumut, Musda XV DPD KNPI Sibolga akan dilaksanakan di antara tanggal 2-5 Mei 2023. Tetapi pihaknya meminta agar pelaksanaan Musda tersebut dipercepat.

“Kita masih melakukan komunikasi dan megajukan permohonan kepada DPD KNPI Sumut, agar Musda dipercepat pada tanggal 2 Mei 2023, dan pelantikan digelar pada tanggal 5 atau 6 Mei 2023,” kata Jefrianto.

Sementara itu, Bacalon Ketua DPD KNPI Sibolga, Imam Feisal mengatakan, hal yang mendasari dirinya maju mencalon adalah berkat dorongan kawan-kawan.

“Tujuan saya, ingin mengubah mindset (pola pikir) pemuda di Kota Sibolga. Kalau semisal selama ini ada yang ngawur pola pikirnya entah ke mana, nantinya kita akan ubah ke arah yang lebih positif, beserta program visi dan misi DPD KNPI Kota Sibolga," ungkapnya.

Pewarta: Tamy

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023