Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi, S.Sos., M.TP. mengikuti sholat maghrib berjamaah sekaligus memberikan santunan, Rabu sore (05/04/23), di Masjid Al-Mu'minin, Jl. Pulau Belitung, Kel. Persiakan, Kec. Padang Hulu.

Dalam kesempatan ini, Pj. Wali Kota berpesan dan menghimbau, selama bulan Suci Ramadhan sampai Idul Fitri, fenomena gejala gangguan kantibmas cenderung meningkat, oleh karena itu Lurah dan Kepala Lingkungan (Kepling) dan masyarakat meningkatkan kewaspadaan di lingkungan masing-masing. 

"Kalau mau ibadah ke Masjid, jangan lupa mengunci pintu yang benar, jangan lupa matikan kompor, jaringan listrik yang mudah menimbulkan kebakaran," pesan Pj. Wali Kota.

Ditambahkan, selama bulan Suci Ramadhan sampai Idul Fitri kecenderungan kenaikan harga barang kebutuhan pokok dan kondisi negara yang baru keluar dari pandemi Covid-19.

"Oleh karena itu, Bapak ibu bijaklah berbelanja, belanja sesuai kebutuhan jangan berlebihan, kesederhanaan. Jangan khawatir stok pangan cukup, dengan catatan tidak ada diantara kita yang menimbun bahan pokok tersebut," ujar Pj. Wali Kota.

Dan kepada orangtua, yang memiliki anak pemuda/ remaja agar dijaga, jangan terlampau bebas keluar sehingga menimbulkan hal yang tidak kita inginkan.

Misal asrama subuh, lebih baik berkumpul beribadah di Masjid, Mushola, Langgar. Dan saat Idul Fitri juga nanti kami ingatkan untuk tidak bermain petasan karena itu dilarang.

"Kita meriahkan Idul Fitri dengan takbir di Masjid. Saya kira itu hal himbauan kami, mudah-mudahan bermanfaat untuk kita yang hadir disini," tutup Pj. Wali Kota.

Sedang Ustad H. Yusnul Adhary, S.E. mengatakan dalam ceramahnya, dalam Surat Al-Baqarah 183, orang berpuasa akan menjadikan diri orang yang bertakwa di hadapan Allah SWT. 

"Ada empat hal yang bisa dilakukan untuk mencapai takwa, antara lain pertama tawadhu' atau rendah hati. Kedua, qona'ah atau ridho dan rela. Ketiga  wara' atau terhindar dari sifat ragu, dan keempat, yakin" pesannya.

Ketua BKM Al-Mu'minin Iswandi Jambak mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Pj. Wali Kota dan jajaran yang telah berkenan hadir memenuhi undangan dalam rangka silaturahim.

"Disini kami mengucapkan ribuan terimakasih kepada Pj. Wali Kota yang mana telah bersedia hadir memenuhi undangan kami untuk acara silaturahim untuk datang khususnya di Masjid Al-mukminin ini. Kami bersyukur dan mudah-mudahan Bapak Pj. Wali Kota selalu sehat dan dalam lindungan Allah SWT," katanya.
 

Pewarta: Zulfan Kurniawan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023